Gangguan Tidur Hingga Kinerja Otak, Berikut Dampak Kafein Pada Kopi

Gangguan Tidur Hingga Kinerja Otak, Berikut Dampak Kafein Pada Kopi

Dampak kafein pada kopi, dari gangguan tidur dan kinerja otak-Freepik-

JEKTVNEWS.COM - Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak diminati di seluruh dunia. Kafein pada kopi sendiri merupakan bahan aktif yang memberikan efek stimulan pada tubuh manusia.

Namun, meskipun kopi juga dapat memberikan rasa lebih segar dan terjaga, kafein dalam kopi juga dapat memiliki dampak negatif pada tubuh manusia.

BACA JUGA:Ngeri! Pengadilan agama Tanjabarat tangani 375 kasus perceraian, ekonomi dan tidak serasi jadi faktor penyebab

Salah satu dampak buruk dari konsumsi kafein adalah gangguan tidur. Kafein dapat mempengaruhi ritme sirkadian tubuh manusia, yang merupakan jam biologis internal yang mengatur siklus tidur dan bangun.

Saat minum kopi di malam hari, kafein dapat menyebabkan Anda sulit tidur atau bahkan terjaga sepanjang malam. Hal ini dapat mengganggu kualitas tidur dan mengakibatkan kelelahan di siang hari.

Selain itu, konsumsi kopi pada kafein dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menyebabkan kondisi kesehatan lainnya, seperti kecemasan, sakit kepala, sakit perut, dan tekanan darah tinggi.

Kafein dapat meningkatkan produksi hormon stres dalam tubuh manusia, yang dapat mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan gejala-gejala tersebut.

BACA JUGA:Mundur Saat Konser, Momentum Kejayaan Blakcpink Berdampak Terhadap Kesehatan Jennie

Dalam hal ini, penting juga untuk memperhatikan jumlah kafein yang Anda konsumsi setiap hari. Jangan minum kopi terlalu banyak di malam hari atau saat Anda merasa stres atau kecemasan.

Cobalah untuk mengurangi konsumsi kafein secara bertahap dan cari alternatif minuman yang lebih sehat seperti teh herbal atau air mineral.

Sumber: