Ekskavasi Situs Candi Solok Sipin di Kota Jambi, PJ Wali Kota Jambi: Lebih Besar dari Muaro Jambi

Ekskavasi Situs Candi Solok Sipin di Kota Jambi, PJ Wali Kota Jambi: Lebih Besar dari Muaro Jambi

Pemerintah Kota Jambi melakukan kunjungan ke situs Candi Solok Sipin-Ist/ Jektvnews -

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Pemerintah Kota JAMBI melakukan kunjungan ke situs Candi Solok Sipin yang berada di Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, Kota JAMBI, Provinsi JAMBI, guna melihat kegiatan ekskavasi penggalian di situs tersebut.

Dalam hal ini, PJ Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mencoba melakukan ekskavasi untuk merasakan sensasi menggali di situs purbakala yang ada di Kota Jambi ini.

BACA JUGA:Satgas TNI Bantu Anak-Anak Kampung Dal Seberangi Sungai saat Berangkat Ke Sekolah

Dikatakan Sri Purwaningsih, dengan adanya situs Candi Solok Sipin ini diakuinya bahwa di wilayah Kota Jambi ini memiliki peninggalan sejarah yang sangat penting bagi masyarakat Jambi.

"Candi Solok Sipin ini mungkin lebih besar dari pada (Candi) Muaro Jambi, disini bukan hanya sebagai lokasi penyebaran agama, tetap juga sebagai tempat kegiatan masyarakat," ujarnya, Jum'at (2/8).

BACA JUGA:Satgas TNI Bantu Anak-Anak Kampung Dal Seberangi Sungai saat Berangkat Ke Sekolah

Ditambahkan oleh tim peneliti Arkeologi dari Universitas Jambi Nugrahadi Mahanani mengatakan bahwa, penggalian Candi Solok Sipin di Kota Jambi ini memasuki tahap kedua, dimana tujuan dari kegiatan penggalian ini untuk melihat struktur batu bata Candi Solok Sipin yang belum berubah dari posisinya.

"Kemudian juga mencari tau kira-kira dari volume batanya layak diteruskan ke arah pemugaran atau tidak," ungkapnya

BACA JUGA:Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Muaro Jambi

Penggalian situs Candi Solok Sipin ini saat ini memasuki hari kedua penggalian, yang dimana penggalian situs Candi Solok Sipin ini dimulai sejak 1 Agustus 2024 sampai tanggal 7 Agustus 2024 nantinya.

Sumber: