Ketahui, Inilah Syarat Umum Hewan Qurban yang Harus di Penuhi Dalam Agama Islam

Ketahui, Inilah Syarat Umum Hewan Qurban yang Harus di Penuhi Dalam Agama Islam

Ilustrasi Sapi dan Kambing-ihatec-

JEKTVNEWS.COM - Syarat-syarat hewan yang dapat diqurbankan atau dikorbankan dalam konteks agama Islam umumnya mengacu pada ketentuan yang diberikan dalam syariat Islam. Berikut adalah beberapa syarat umum yang biasanya harus dipenuhi:

1. Jenis Hewan

Dalam agama Islam, hewan yang diqurbankan haruslah hewan ternak yang halal. Hewan yang umumnya diperbolehkan untuk diqurbankan antara lain sapi, kambing, domba, dan unta. Hewan-hewan tersebut dianggap sebagai hewan ternak yang umumnya digunakan untuk konsumsi manusia.

BACA JUGA:Inovasi Kolaboratif di Tingkat Daerah Bantu Wujudkan Pendidikan Dasar Berkualitas

2. Kondisi Fisik

Hewan yang akan diqurbankan haruslah sehat, tanpa cacat fisik yang signifikan yang menjadikannya tidak layak untuk dikonsumsi. Hewan yang memiliki penyakit serius atau cacat yang mempengaruhi kualitas dagingnya biasanya dianggap tidak memenuhi syarat.

3. Usia

Hewan yang akan diqurbankan haruslah mencapai usia dewasa atau cukup matang secara fisik. Usia minimum yang disyaratkan dapat bervariasi tergantung pada jenis hewan dan tradisi lokal, namun umumnya diterima bahwa hewan tersebut harus minimal berumur satu tahun.

BACA JUGA:PJ Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah Hadiri Sunatan Masal di Desa Senaung

4. Metode Penyembelihan

Hewan harus disembelih secara Islami sesuai dengan tata cara yang ditetapkan. Penyembelihan dilakukan dengan menyebut nama Allah (dalam kalimat "Bismillah"), dengan tujuan menjadikan tindakan tersebut sebagai ibadah yang dikehendaki Allah. Penyembelihan juga harus dilakukan oleh orang yang berkompeten dalam hal penyembelihan hewan secara Islami.

5. Tujuan Qurban

Hewan harus diqurbankan dengan niat dan tujuan yang benar, yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah dan untuk berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Qurban bukanlah sekadar tindakan menyembelih hewan, tetapi juga memiliki dimensi sosial dan spiritual yang mendalam.

BACA JUGA:Spesial Juni, AHASS Berikan Promo Servis Khusus Petani dan Pedagang

Sumber: