Cegah Gigitan Anjing Rabies! Ini Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan

Cegah Gigitan Anjing Rabies! Ini Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan

Ilustrasi Digigit Anjing -Halodoc-

JEKTVNEWS.COM - Rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Rabies dan dapat menyerang sistem saraf pusat seseorang.

Penyakit ini umumnya ditularkan melalui gigitan atau luka yang terkontaminasi air liur dari hewan yang terinfeksi, terutama anjing. Namun, virus rabies juga dapat ditularkan melalui gigitan hewan liar seperti rubah, kucing liar, kelelawar, dan hewan lainnya yang dapat menjadi reservoir virus ini.

BACA JUGA:Mengejutkan! Ternyata Dibalik Aplikasi Ini Bisa Menjadi Sarana Untuk Berselingkuh

Setelah terinfeksi virus rabies, seseorang mungkin tidak mengalami gejala selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Ini disebut periode inkubasi.

Namun, ketika gejala muncul, penyakit ini biasanya berlangsung dalam dua bentuk: bentuk "paralitik" yang jarang terjadi dan bentuk "encephalitic" yang lebih umum.

Gejala awal rabies mungkin mirip dengan flu, termasuk demam, sakit kepala, dan kelelahan. Seiring berkembangnya penyakit, gejala bisa menjadi lebih parah dan meliputi kecemasan, gangguan tidur, kebingungan, kesulitan menelan, dan kejang.

BACA JUGA:Jangan Sampai di Skip, Ini Tahapan Rutin Pemakaian Skincare Malam

Pada tahap akhir, rabies dapat menyebabkan gangguan neurologis yang serius, seperti delirium, halusinasi, dan kejang-kejang yang kuat. Jika tidak diobati, rabies hampir selalu fatal.

Jika seseorang digigit oleh anjing yang diduga terinfeksi rabies, langkah-langkah pertolongan pertama yang wajib dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Cuci luka

Segera bersihkan luka gigitan dengan sabun dan air mengalir selama 10-15 menit. Membersihkan luka dapat membantu mengurangi risiko infeksi.

2. Desinfeksi luka

Setelah membersihkan luka, gunakan larutan antiseptik seperti betadin atau alkohol 70% untuk membersihkan luka secara lebih mendalam dan membunuh bakteri.

BACA JUGA:Taylor Swift: Akan Adakan Tur Konser di Tahun 2024

Sumber: