Cegah Gigitan Anjing Rabies! Ini Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan

Cegah Gigitan Anjing Rabies! Ini Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan

Ilustrasi Digigit Anjing -Halodoc-

3. Tekan luka

Setelah membersihkan luka, gunakan kain bersih atau kasa steril untuk menekan luka gigitan dan menghentikan perdarahan jika ada.

4. Hubungi profesional medis

Setelah melakukan langkah-langkah pertama di atas, segera hubungi profesional medis atau pergi ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

5. Identifikasi anjing

Jika mungkin, cobalah mengidentifikasi pemilik anjing dan pastikan untuk memberikan informasi tersebut kepada petugas kesehatan. Informasi tentang anjing, seperti apakah anjing itu memiliki pemilik, riwayat vaksinasi terhadap rabies, dan perilaku anjing sebelum dan setelah gigitan, dapat membantu dalam penilaian risiko rabies.

BACA JUGA:Perusahaan BUMN PT Pertamina Hulu Rokan Buka 11 Posisi Strategis di Provinsi Riau, Cek Persyaratan disini!

6. Imunisasi

Tim medis akan mengevaluasi risiko rabies dan kemungkinan memberikan imunisasi yang tepat. Imunisasi biasanya melibatkan pemberian vaksin rabies dan serum anti-rabies untuk mencegah infeksi rabies.

Ingatlah bahwa ini adalah informasi umum dan langkah-langkah yang tepat dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan panduan medis disetiap wilayah .

Penting untuk segera mencari perawatan medis dan mengikuti instruksi dari profesional kesehatan yang berwenang dalam situasi seperti ini.

Sumber: