Dinkes Tanjab Barat Gelar Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Dinkes Tanjab Barat Gelar Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Sosialisasi Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting-Jektvnews-

TANJAB BARAT, JEKTVNEWS.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Kamis Pagi 6 Juni 2024 mengelar kegiatan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting, kali ini dipusatkan di Desa Kemuning Kecamatan Bram Itam, dan dihadiri langsung Ketua Tim Penggerak PKK Tanjab Barat Umi Fadhilah Sadat.

Bertempat di Desa Kemuning Kecamatan Bram Itam, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat melaksanakan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting, kegiatan ini langsung dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Tanjab Barat Umi Fadhilah Sadat, dan para tamu undangan lainnya baik dari instansi terkait, serta para warga di Desa Kemuning, yang mana kegiatan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting, ini digelar serentak diseluruh posyandu yang ada di Kabupaten Tanjab Barat. 

BACA JUGA:PTPN IV Regional 4, Berikan Bantuan Benih Ikan ke Masyarakat Wilayah Kerja

Dengan harapan 100 persen pengukuran dan intervensi pencegahan stunting, sebab stunting dapat dicegah dari mulai usia janin ibu hamil, serta anak bayi dan balita. Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Barat Zaharuddin mengatakan, 6 Juni 2024 atau Kamis pagi merupakan gerakan serentak pengukuran dan intervensi.

Pencegahan stunting, kali ini kegiatan fokus di gelar di Desa Kemuning, sebab di Desa Kemuning merupakan desa yang dianggap peduli akan pencegahan stunting. Bahkan kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Tanjab Barat Umi Fadhilah Sadat.

Dengan terselenggara kegiatan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting, disini diharapkan peran serta seluruh lapisan masyarakat desa sangat diharapkan, sebab pencegahan stunting dimulai dari tingkat bawah atau dari mulai usia janin ibu hamil. Serta posyandu diharapkan dapat berfungsi, dengan demikian stunting dapat dicegah sedini mungkin.

BACA JUGA:Memasuki Musim Kemarau, BPBD Tanjab Barat Pastikan Personil Tetap Siaga Karhutlah

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sekaligus pembina posyandu Umi Fadhilah Sadat mengatakan, dukungan dan apresiasi atas terselenggara nya kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting, yang digelar di Posyandu Mawar Desa Kemuning.

Sebab permasalahan stunting ini tidak dapat diselesaikan sendiri oleh pemerintah, namun butuh upaga bersama dari semua pihak, termasuk ditingkat kecamatan, desa, kelurahan dan masyarakat, dan ia menekankan pentingnya peran posyandu dan kadernya dalam pencegahan stunting, posyandu harus dioptimalkan dengan meningkatkan pastipasi masyarakat.

BACA JUGA:Kembali Dipanggil KPK Terkait Suap RAPBD, Mantan Pimpinan DPRD Provinsi Jambi Harapkan Proses Hukum Dipercepat

Selain itu masyarakat dihimbau untuk secara rutin mengunjungi posyandu, menjaga pola hidup sehat, dan mengikuti edukasi tentang stunting.

Terpisah Kepala Desa Kemuning Abdul Ghani dalam sambutannya mengatakan, dengan terselenggaranya kegiatan ini pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Di desa yang ia pimpin tentunya berkomitmen, dengan tujuan utama mencegah atau menurunkan angka stunting. Terkhusus di desa yang ia pimpin.

Sumber: