Sangat Cocok Untuk Ibu Hamil, Berikut 5 Manfaat Buah Semangka yang Perlu Kamu Ketahui!

Sangat Cocok Untuk Ibu Hamil, Berikut 5 Manfaat Buah Semangka yang Perlu Kamu Ketahui!

Manfaat buah semangka-Wikipedia-

JEKTVNEWS.COM - Semangka merupakan buah yang mempunyai kandungan air yang sangat tinggi, bahkan kandungan air dalam buah semangka mencapai 90 persen dan tentunya buah ini juga kaya akan manfaat.

Buah semangka mempunyai berbagai macam nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mengandung senyawa antioksidan dan mineral.

BACA JUGA:Buah Kedondong: Tambahan Nutrisi dan Baik untuk Diet

Dilansir dari Stylecraze ada beberapa kandungan nutrisi di dalam buah semangka seperti karbohidrat, protein, folat, asam pantotenat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, kalsium, kalium dan masih banyak lagi.

Selain itu kandungan lain yang terdapat pada buah semangka seperti likopen dan lutein yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Berbagai penelitian juga menunjukan kandungan senyawa antioksidan pada buah semangka juga bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Lalu apa saja manfaat lain buah semangka untuk kehamilan, berikut ulasannya:

1.     Menurunkan resiko komplikasi

Selama kehamilan seorang wanita membutuhkan cairan tubuh yang sangat tinggi, kandungan air yang kaya pada buah semangka bisa membantu ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan cairan dan juga mendukung sistem peredaran darah agar tetap optimal.

BACA JUGA:Si Kecil Hitam Penuh Manfaat, Berikut Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan

Dengan terjaganya kebutuhan cairan bagi ibu hamil dapat mengurangi resiko komplikasi kehamilan, sembelit dan wasir.

2.     Meningkatkan imunitas

Kandungan senyawa antioksidan likopen pada buah semangka dipercaya dapat meningkatkan tingkat imunitas atau kekebalan tubuh dalam melawan serangan penyakit dan infeksi.

3.     Meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi pada janin

Semangka juga mengandung kalsium dan kalium yang mana nutrisi ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan serta perkembangan tulang dan gigi si bayi yang sedang tumbuh.

BACA JUGA:Memar Tanpa Sebab? Begini Penjelasannya

4.     Mengurangi rasa mual

Dilansir dari Parenting Firstcry, seorang ibu hamil sering mengalami mual dan muntah ketika beberapa minggu pertama saat kehamilan.

Ternyata dengan segelas jus semangka dapat mengurangi penyakit ini dan sangat efektif, tidak hanya itu jus semangka juga dapat meningkatkan energi dan kesegaran bagi tubuh.

5.     Mengurangi resiko preeklamsia

Preeklamsia merupakan istilah komplikasi pada kehamilan hal ini sangat beresiko karena dapat memicu terjadinya kelahiran prematur.

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan, senyawa hidrokarbon karotenoid merah dan kaya akan likopen pada buah semangka dapat mengurangi resiko terjadinya preeklamsia atau komplikasi kehamilan.

BACA JUGA:3 Daerah Provinsi Jambi yang Menghasilkan Orang Pintar dan Intelektual, Cek Faktanya!

Itulah beberapa manfaat buah semangka untuk ibu hamil, semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu menjaga kesehatan dengan selalu cek kesehatan di rumah sakit terdekat.

Sumber: