3 Daerah Provinsi Jambi yang Menghasilkan Orang Pintar dan Intelektual, Cek Faktanya!

3 Daerah Provinsi Jambi yang Menghasilkan Orang Pintar dan Intelektual, Cek Faktanya!

Ilustrasi pembelajaran dikelas-Pixabay-

JEKTVNEWS.COM - Jambi merupakan salah satu provinsi di pulau sumatera yang berdekatan dengan provinsi Riau, Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Sumatera Barat.

Jambi sendiri terdiri atas beberapa wilayah kabupaten dan kota yang total semuanya ada 11 yang terdiri atas 9 kabupaten dan 2 kota.

BACA JUGA:Raih Untung Lewat Konten Kreatif, Daftar Youtuber Indonesia dengan Penghasilan Jutaan

Adapun nama-nama wilayah yang ada di Provinsi Jambi adalah Kota Jambi, kota sungai penuh, kabupaten muaro jambi, kabupaten Batanghari, kabupaten tanjab barat, kabupaten tanjab timur, kabupaten tebo, kabupaten bungo, kabupaten sarolangun, kabupaten kerinci dan kabupaten merangin.

Tahukan kamu, ternyata di provinsi jambi ada 4 daerah yang memiliki penghasil orang pintar dan intelektual.

Hal ini tentu didasarkan atas data dan analisis beberapa daerah terhadap perkembangan sumber daya manusia yang mempunyai indeks pembangunan manusia atau disebut IPM.

Berdasarkan nilai indeks inilah bisa diketahui manakah yang lebih tinggi daerah penghasil orang-orang intelektual. Kamu penasaran daerah mana saja yang termasuk?

Dilansir dari laman resmi BPS berdasarkan data tahun 2022, mari simak ulasannya berikut ini:

BACA JUGA:Ketahui Manfaat dan Kandungan Gizi dalam Tempe Bagi Kesehatan

1. Kota Jambi

Kota Jambi menduduki peringkat pertama sebagai wilayah penghasil orang pintar tertinggi dengan nilai IPM sebesar 79,58 pada tahun terakhir, hal ini bertanda kualitas pendidikan untuk masyarakat kota jambi yang terbaik se-provinsi.

2. Kota Sungai Penuh

Urutan kedua ditempati oleh kota sungai penuh yang mana memiliki nilai IPM tidak terlalu jauh dengan kota jambi yakni mencapai 76,17. Nilai ini merupakan nilai tertinggi kedua se-provinsi.

3. Kerinci

Kabupaten kerinci masuk kedalam 3 besar dengan kualitas pendidikan dan penghasil orang pintar tertinggi di provinsi jambi dengan capaian nilai IPM sebesar 71,99

BACA JUGA:Tips Jitu Atasi Burnout Jadi Mahasiswa

Itulah beberapa tempat wilayah dengan penghasil orang pintar dan intelektual tertinggi di provinsi jambi, semoga kualitas peningkatan nilai mutu pendidikan di Provinsi Jambi dapat tersebar merata dan dapat dirasakan di semua daerah

Sumber: