Memasuki Pertengahan Bulan Zulkaidah, Apakah Kamu Sudah Siap Berkurban?

Memasuki Pertengahan Bulan Zulkaidah, Apakah Kamu Sudah Siap Berkurban?

Persiapan qurban menjelang hari raya idul adha-ist-

JEKTVNEWS.COM - Kurang dari setengah bulan lagi umat muslim akan merayakan Idul Adha yang erat hubungannya dengan kurban.

Seperti yang umum diketahui berkurban adalah menyembelih binatang ternak yang diperbolehkan pada hari kurban (hari Idul Adha yaitu pada tanggal 10 Zulhijjah) dan hari tasyriq (11-13 Zulhijjah) dengan tujuan sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Waw! Ternyata Ini Cara Ampuh Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Permanen

Hukum berkurban yang disepakati mayoritas ulama yaitu sunnah. Akan tetapi terdapat ulama yang mewajibkan kurban seperti Abu Hanifah r.a.

Jadi, bagi kamu yang dapat berkurban akan mendapatkan pahal karena merupakan perbuatan sunnah yang telah dicontohkan olrh Rasulullah SAW.

Adapun untuk pelaksanaan kurban penting untuk memerhatikan waktunya. Kurban dapat dilakukan setelah melaksanakan shalat Idul Adha hingga berakhirnya hari tasyrik.

Oleh karena itu tidak diperbolehkan melaksanakan kurban sebelum shalat Idul Adha sebagaimana perkataan Rasulullah SAW. yang artinya:

BACA JUGA:Menarik! Berikut Fakta Seputar Aroma Rumput yang Baru di Tebas, Simak Penjelasannya

“Barangsiapa yang telah menyembelih binatang kurban sebelum melaksanakan shalat Idul Adha, maka ia harus mengganti dengan hewan lain, dan barangsiapa yang belum menyembelihnya maka sembelihlah”. HR. Al-Bukhari (5562) Muslim (1960).

Barangkali kamu juga sudah familiar dengan tempat pelaksanaan kurban yaitu di sekitar masjid atau lapangan.

Ternyata bukan tanpa alas an, melainkan terdapat anjuran tempat untuk melaksanakan kurban yang disunnahkan. Tempat yang disunnahkan tersebut yaitu di sekitar tempat melaksanakan shalat.

BACA JUGA:Menarik! Inilah 5 Manfaat Daun Kelor Bagi Ibu Hamil, Nomor 3 Baik Untuk Perkembangan Janin

Setelah mengetahui pengertian, hukum, waktu beserta tempat pelaksanaan kamu dapat lebih memahami kurban sebelum melakukannya.

Sumber: