Fear Of Missing Out (FOMO), Berikut Merupakan Faktor Penyebabnya

Fear Of Missing Out (FOMO), Berikut Merupakan Faktor Penyebabnya

Penyebab terjadinya FOMO-Freepik-

JEKTVNEWS.COM - FOMO, singkatan dari Fear of Missing Out, merupakan perasaan cemas atau khawatir bahwa kita akan melewatkan sesuatu yang penting atau menyenangkan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya perasaan cemas atau khawatir. FOMO dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

BACA JUGA:Empat Tipe Introvert, No 1 Paling Menarik

1. Penggunaan media sosial: Media sosial dapat membuat kita merasa seperti kita selalu ketinggalan informasi dan aktivitas yang sedang dilakukan oleh orang lain. Hal ini dapat memicu perasaan FOMO karena kita merasa seperti kita tidak cukup baik atau tidak cukup keren.

2. Perbandingan diri dengan orang lain: FOMO juga dapat disebabkan oleh kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Ketika kita melihat orang lain menjalani kehidupan yang tampak lebih baik daripada kita, kita dapat mulai merasa seperti kita tidak cukup baik.

BACA JUGA:Punya Julukan Sebagai Bintang Senja dan Bintang Pagi, Berikut Fakta Menarik Planet Merkurius

3. Kecemasan sosial: Orang yang memiliki kecemasan sosial lebih rentan mengalami FOMO. Hal ini karena mereka cenderung khawatir tentang apa yang dipikirkan orang lain tentang mereka dan takut tidak diterima.

4. Kebutuhan untuk selalu dikontrol: Orang yang memiliki kebutuhan yang tinggi untuk selalu dikontrol juga lebih rentan mengalami FOMO.

Hal ini karena mereka tidak ingin melewatkan apa pun yang dapat membuat mereka merasa tidak nyaman atau tidak aman.

FOMO dapat berdampak negatif pada kehidupan. Hal ini dapat menyebabkan merasa cemas, stres, dan depresi.

BACA JUGA:Bawaslu RI Tegaskan Kepala Desa untuk Tidak Menjadi Pelaksana Kampanye Pemilu 2024

FOMO juga dapat membuat keputusan yang tidak baik, seperti menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial atau mengambil risiko yang tidak perlu.

Sumber: