Empat Tipe Introvert, No 1 Paling Menarik

Empat Tipe Introvert, No 1 Paling Menarik

Empat tipe Introvert dan penjelasannya-Freepik-

JEKTVNEWS.COM - Seorang introvert merupakan orang yang cenderung memusatkan energinya ke dalam, pada pikiran dan perasaannya sendiri. 

Introvert sendiri sering menikmati menghabiskan waktu sendirian atau dengan teman dekat dan keluarga, dan mereka dapat terkuras oleh terlalu banyak interaksi sosial.

BACA JUGA:Punya Julukan Sebagai Bintang Senja dan Bintang Pagi, Berikut Fakta Menarik Planet Merkurius

Introvert sering terlihat pemalu atau pendiam, tetapi tidak selalu demikian. Beberapa introvert sangat ramah dan senang berada di sekitar orang, tetapi mereka perlu mengisi ulang baterai mereka dengan menghabiskan waktu sendirian.

Empat Jenis Introvert, Berikut Penjelasan pada Tipenya

1. Introvert sosial adalah tipe introvert yang paling umum. Mereka menikmati menghabiskan waktu bersama teman dekat dan keluarga, tetapi mereka membutuhkan waktu untuk memulihkan tenaga setelah terlalu lama berada di sekitar orang. Introvert lebih suka pertemuan kecil daripada pesta besar, dan mereka mungkin lebih suka membaca atau menghabiskan waktu sendirian setelah seharian bersosialisasi.

2. Introvert berpikir sering digambarkan sebagai pemikir yang mendalam atau pelamun. Introvert menikmati menghabiskan waktu sendirian, di mana mereka dapat fokus pada pikiran dan ide mereka. Introvert mungkin tertarik pada karir di bidang akademis atau penelitian, dan mereka mungkin lebih nyaman mengekspresikan diri melalui tulisan atau seni daripada melalui percakapan.

3. Introvert yang cemas seringkali pemalu atau tidak nyaman di sekitar orang. Mereka mungkin khawatir mengatakan hal yang salah atau dihakimi, dan mereka mungkin menghindari situasi sosial sama sekali. Introvert ini juga mungkin mengalami kecemasan sosial, yang merupakan jenis gangguan kecemasan yang dapat membuat sulit berinteraksi dengan orang lain.

BACA JUGA:Hadiri Rakernas Apdesi di Jambi, Menhan RI Prabowo Subianto : Salah Satu Pelopornya Adalah Partai Saya

4. Introvert yang terkendali sering digambarkan sebagai orang yang berhati-hati atau pendiam. Introvert mungkin lambat untuk bersikap ramah kepada orang baru, dan mereka mungkin lebih suka mengamati sebelum berpartisipasi dalam situasi sosial. Introvert mungkin juga lebih sensitif terhadap kebisingan atau rangsangan, dan mereka mungkin perlu istirahat dari aktivitas sosial untuk memulihkan tenaga.

Penting untuk dicatat bahwa ini hanyalah gambaran umum dari empat tipe introvert. Tidak ada definisi introversi yang cocok untuk semua, dan setiap orang mengalaminya secara berbeda. 

Jika tidak yakin tipe introvert seperti apa, ada sejumlah kuis online yang dapat membantu menentukan tipe kepribadian dirimu.

Apa pun tipe introvert, penting untuk merangkul kepribadian diri sendiri dan menemukan cara untuk berkembang di dunia yang sering didominasi oleh ekstrovert.

BACA JUGA:Ditanyai Soal Program Pemerataan, Anies : Masa Depan Itu Bisa Mengarang, yang Penting Rekam Jejaknya

Sumber: