Idul Adha 1444 H di Indonesia Ternyata Berbeda Dengan Makkah, Simak Penjelasannya

Idul Adha 1444 H di Indonesia Ternyata Berbeda Dengan Makkah, Simak Penjelasannya

Perbedaan waktu idul adha 1444 H di indonesia-Pxfuel-

JEKTVNEWS.COM - Hari besar umat islam sebentar lagi akan tiba, dimana semua umat islam di penjuru dunia akan merayakan hari raya idul adha 1444 Hijriah.

Dalam perayaanya ternyata ada perbedaan waktu dalam menentukan idul adha 1444 Hijriah, seperti halnya Indonesia dan Mekkah, Arab Saudi.

BACA JUGA:Hari Raya Idul Adha, Sambal Pala yang Nikmat dan Kaya Manfaat

Idul adha 1444 Hijriah atau tanggal 10 Dzulhijjah di indonesia jatuh pada hari Kamis, tanggal 29 Juni 2023 hal ini berdasarkan penyampaian siding isbat beberapa waktu yang lalu oleh Wakil Mentri Agama H Zainut Tauhid Sa’adi.

Waktu tersebut berbeda dengan Arab Saudi yang dirayakan pada hari Rabu, 28 Juni 2023 atau sehari sebelumnya.

BACA JUGA:Cuti Hari Raya Idul Adha, Berikut Ide Liburan yang Menyenangkan

Hal ini juga disampaikan oleh KH Sirril Wafa selaku ketua Lembaga Falakiyah PBNU, ia menjelaskan bahwa hal ini dipengaruhi lokasi yang berdampak pada waktu ijtimak.

“Jam terjadinya ijtimak akan berbeda-beda sesuai waktu setempat” ungkap ketua Lembaga Falakiyah PBNU tersebut.

KH Sirril Wafa juga menyampaikan ijtimak akhir Dzulqa’dah 1444 H terjadi pada pukul 11.30 WIB tanggal 18 Juni 2023 kemarin.

BACA JUGA:Libur Idul Adha, Sistem Ganjil Genap Mulai Diberlakukan Tanggal 27 Juni

Selanjutnya, Ketua Lembaga Falakiyah PBNU juga mengatakan, bahwa di Makkah sekitar pukul 07.30 waktu setempat, perbedaan antara waktu ijtimak dengan terbenamnya matahari berdampak besar pada ketinggian hilal.

Ketinggian hilal yang ada di Indonesia sangat minim, dimana yang paling tinggi sekitar 2 derajat yang hanya di sekitar Aceh dan Medan. Sedangkan ketinggian hilal di Makkah sekitar 4 atau 5 derajat.

BACA JUGA:Kementrian PUPR Buka Lowongan Kerja Segera Kirim Lamaran Online disini, Fresh Graduate Merapat!

Dengan hal ini kata Sirril wajar kalau untuk awal Dzulhijjah di tahun ini ada perbedaan antara Indonesia dan Arab Saudi. Tidak hanya itu saja di Indonesia juga ada yang merayakan hari raya idul adha pada hari Rabu, 28 Juni 2023 seperti PP Muhammadiyah.

Sumber: