Dampak Sosial Ekonomi Pertambangan Batubara

Dampak Sosial Ekonomi Pertambangan Batubara

Batubara-Prasetyo Utomo-

BACA JUGA:Acara Perpisahan Siswa Kelas XII SMAN 9 Kota Jambi, Istri Gubernur Jambi Turut Hadiri

Berdasarkan data yang dikemukakan oleh Indonesia Investments (2018), batubara di Indonesia berkontribusi 85% terhadap total pemasukan negara dari sektor hasil pertambangan.

Kegiatan industri batubara yang terus meningkat hampir terjadi di seluruh wilayah Indonesia, seperti halnya yang ada di provinsi Jambi ikut andil dalam proses pengembangan batubara dan pemberdayaan masyarakat setempat.

BACA JUGA:Sejarah Misi Pesawat Catalina RI 005 dalam Mempertahankan Kemerdekaan RI di Jambi

Hasil riset yang dilakukan Hutomo (2019), mengatakan bahwa perusahaan batubara harus berupa bentuk tanggung jawab social yang mana hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan menjadi lebih baik, baik secara individual maupun secara kolektif.

Laju peningkatan ekonomi di provinsi jambi terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini dan terus menunjukan peningkatan di sektor pertambangan batubara.

BACA JUGA:Tren Drama Korea, Ini Penyebab Penonton Banyak Suka

Melihat kondisi saat ini ada banyak perusahaan batubara yang beroperasi di provinsi jambi, hal ini memperlihatkan ketergantungan perekonomian masyarakat daerah pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Berdasarkan UU No 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara yang isinya menjelaskan secara khusus bagi pemerintah daerah diberi kebijakan dan keleluasaan dalam mengelola batubara. Kebijakan yang dilakukan di daerah kota/kabupaten memunculkan sebuah fenomena dengan mengeksploitasi sumber daya alam secara masif.

BACA JUGA:Komoditas Sawit Sebagai Pertumbuhan Ekonomi

Produksi batubara memang memberikan dampak yang cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan dampak sosial. Banyaknya investasi di bidang pertambangan batubara memberikan dampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat setempat, secara umum terlihat efek dominan dari perusahaan yang mampu mendorong sendi-sendi perekonomian masyarakat setempat.

BACA JUGA:Tumbuhan Bajakah Sebagai Obat Tradisional Desa Nyogan

Perubahan struktur sosial yang disebabkan banyaknya masyarakat setempat maupun pendatang yang menjadi karyawan perusahaan batubara dan membuka usaha di sekitar perusahaan.

Tambang batubara memberikan dampak positif yang cukup banyak seperti tersedianya lapangan pekerjaan yang memberikan kesempatan bagi setiap pekerja dengan adanya penerimaan tenaga kerja, tersedia fasilitas umum dan fasilitas sosial serta meningkatnya pendapatan masyarakat sekitar perusahaan batubara yang memberikan kesempatan berusaha.

BACA JUGA:BAHAYA!! Membawa Ponsel ke Toilet Dapat Membahayakan Kesehatan

Sumber: