Tumbuhan Bajakah Sebagai Obat Tradisional Desa Nyogan

Tumbuhan Bajakah Sebagai Obat Tradisional Desa Nyogan

Tanaman Bajakah (Spatholobus littoralis) -Ciriciripohon-

JEKTVNEWS.COM - Desa Nyogan Kecamatan Mestong Kabupaten Muara Jambi, sudah ada sejak 1984, di dalamnya terdapat 4 dusun yaitu Dusun Nyogan, Dusun Jerat Harimau, Dusun Nebang Parah, Dusun Selapik.

Salah satunya, yakni Dusun Nyogan, merupakan salah satu dusun yang banyak di isi oleh Suku Anak Dalam (SAD).

Walau sudah memiliki perangkat desa secara umumnya, namun, di Dusun Nyogan masih memiliki  Temengung sebagai seseorang yang dihormati dan dituakan. Secara umum masyarakatnya beragama islam, tetap masyarakat masih mempercayai adanya dewa. Ritual warisan nenek moyang yang masih dilakukan hingga saat ini diantaranya adalah besale (pengobatan tradisional). 

BACA JUGA:BAHAYA!! Membawa Ponsel ke Toilet Dapat Membahayakan Kesehatan

Tanaman obat yang masih digunakan oleh masyarakat sekitar salah satunya ialah, tumbuhan bajakah atau biasa disebut masyarakat SAD sebagai tumbuhan kekaet.

Tumbuhan ini dipercaya memampu mengembalikan stamina setelah seharian bekerja, serta digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tumbuhan kekaet  yang tumbuh di Dusun Nyogan tergolong sebagai tumbuhan bajakah tampala.

Berdasarkan hasil uji riset oleh Anshari (2012), bajakah tampala mengandung beberapa senyawa yaitu fenolik, flavonoid, tanin, dan saponin. Penyakit degeneratif seperti diabetes, kanker, dan tumor dapat diobati dengan kandungan senyawa yang terdapat di dalam tumbuhan kekaet ini.

BACA JUGA:Hancur Kita Opung! Harga Masuk Tol Medan-Binjai Naik Ini

Menurut Syarifah et al., (2019), penyakit seperti kanker dapat diobati dengan tumbuhan bajakah tampala. Batang kekaet dapat diolah menjadi minuman teh herbal. Pada saat ini, teh Bajakah dianggap mampu menyembuhkan penyakit diabetes dan kolestrol.

Program pengolahan batang bajakah (kekaet) menjadi teh kekaet merupakan upaya peningkatan dan pengembangan wisata Alam Jejawi sehingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat Nyogan, khususnya SAD di trans sosial Dusun Nyogan. 

.

.

.

DAFTAR PUSTAKA

Sumber: