Coto Makassar: Hidangan Populer dari Sulawesi Selatan yang Kaya Akan Rempah

Coto Makassar: Hidangan Populer dari Sulawesi Selatan yang Kaya Akan Rempah

Ilustrasi Coto Makassar merupakan hidangan populer asa Sulawesi Selatan yang kaya akan rempah-Freepik-

JEKTVNEWS.COM - Coto Makassar merupakan makanan tradisional dari Sulawesi Selatan yang mempunya daya tarik tidak hanya di Indonesia tetapi juga di belahan dunia lainnya.

BACA JUGA:Sangat Cocok Untuk Ibu Hamil, Berikut 5 Manfaat Buah Semangka yang Perlu Kamu Ketahui!

Hidangan berbahan dasar dari daging sapi, jeroan, dan berbagai bumbu dan rempah. Biasanya disajikan dengan kue beras atau buras, ketupat, dan pada bagian atasnya dengan bawang merah goreng dan irisan daun bawang.

Proses pembuatan Coto Makassar cukup panjang dan membutuhkan beberapa tahapan. Pertama, daging sapi dan jeroannya direbus hingga empuk. Kemudian, kuahnya ditiriskan dan disisihkan.

Daging sapi dan jeroan kemudian disuwir dan dicampur dengan bumbu seperti kunyit, ketumbar, dan jinten. Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil dan direbus dalam kaldu hingga matang.

BACA JUGA:Si Kecil Hitam Penuh Manfaat, Berikut Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan

Coto Makassar memiliki cita rasa yang kaya dan gurih yang berasal dari perpaduan bumbu dan bumbu yang digunakan dalam masakannya.

Racikan bumbunya terbuat dari campuran berbagai rempah, seperti ketumbar, jintan, kunyit, cengkeh, pala, dan kayu manis.

Bumbu tersebut kemudian disangrai dan digiling menjadi bubuk halus, yang kemudian dicampur dengan bahan lain, seperti bawang merah, bawang putih, dan jahe.

BACA JUGA:Buah Kedondong: Tambahan Nutrisi dan Baik untuk Diet

Perpaduan yang dihasilkan adalah campuran yang harum dan beraroma yang memberikan cita rasa khas Coto Makassar.

Sumber: