Noken Papua: Alternatif Kantong Plastik yang Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

Noken Papua: Alternatif Kantong Plastik yang Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

Noken Papua alternatif kantong plastik yang ramah lingkungan-Wikimedia-

JEKTVNEWS-COM - Noken Papua, tas anyaman yang terbuat dari serat alam. Bukan hanya sekedar aksesoris sederhana, namun Noken memiliki makna budaya dan simbolik yang mendalam bagi masyarakat Papua.

Noken Papua merepresentasikan identitas rakyat Papua dan juga simbol perjuangan untuk mendapatkan pengakuan dan otonomi.

Noken sendiri adalah simbol perlawanan terhadap kolonialisme dan asimilasi budaya serta salah satu cara untuk melestarikan dan mempromosikan warisan dan tradisi unik masyarakat Papua.

BACA JUGA:Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jum'at

Menariknya di tengah gencarnya pengurangan kantong plastik sekali pakai, masyarakat Papua sejak dahulu seakan mengerti akan apa yang terjadi kedepannya. Noken tersebut membuktikannya. Sebuah tas yang ramah lingkungan.

Noken dikatakan sebagai tas ramah lingkungan karena dilihat dari bahan yang digunakannya. Bahan dasar pembuatan Noken antara lain seperti serat alami dari tumbuh-tumbuhan dan pohon, seperti kulit kayu, daun, dan akar, serta pewarna alami dari buah-buahan, sayuran, dan serangga.

Berikut 10 alasan mengapa Noken menjadi pilihan yang lebih baik bagi lingkungan.

1. Noken terbuat dari bahan alami, artinya dapat terurai secara hayati dan tidak merusak lingkungan.

2. Kantong yang dapat digunakan kembali, yang berarti merupakan pilihan yang lebih berkelanjutan daripada kantong plastik sekali pakai.

BACA JUGA:Bergizi dan Lezat, Berikut 10 Manfaat Papeda Makanan Tradisional Papua, Nomor 6 Baik Untuk Jantung

3. Noken adalah kerajinan tradisional yang mendukung masyarakat lokal dan memberikan penghasilan bagi banyak perempuan Papua.

4. Tasnya buatan tangan, artinya memiliki jejak karbon yang lebih rendah daripada tas plastik yang diproduksi di pabrik.

5. Noken adalah contoh yang bagus dari ekonomi sirkular, dengan bahan yang bersumber dari alam dan tas yang digunakan kembali dan didaur ulang.

6. Tasnya ringan dan mudah dibawa, menjadikannya pilihan praktis untuk penggunaan sehari-hari.

7. Noken adalah simbol budaya dan identitas Papua, dan menggunakan tas ini membantu melestarikan dan merayakan warisan ini.

8. Noken sering dihias dengan pola yang indah dan rumit, menjadikannya aksesori yang unik dan bergaya.

BACA JUGA:WOW! Ternyata Rebung Dapat Mengurangi Kolesterol, Simak Faktanya

9. Noken adalah cara yang bagus untuk mendukung pariwisata berkelanjutan di Papua, dengan banyak pasar lokal yang menawarkan berbagai macam tas untuk dibeli pengunjung.

10. Dengan memilih menggunakan Noken daripada kantong plastik, kita dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan mendukung komunitas lokal di Papua.

Sejatinya Noken bukan hanya sebagai barang fungsional untuk membawa barang. Tetapi juga merupakan simbol identitas dan kebanggaan masyarakat Papua. Pola dan desain rumit pada setiap noken mencerminkan kreativitas dan keterampilan penenun, serta warisan budaya masyarakatnya.

Sumber: