WOW! Ternyata Rebung Dapat Mengurangi Kolesterol, Simak Faktanya

WOW! Ternyata Rebung Dapat Mengurangi Kolesterol, Simak Faktanya

Olahan masakan rebung-Haira-

JEKTVNEWS.COM - Kamu tentunya sudah kenal dengan sayuran satu ini bukan? Rebung merupakan tunas bambu yang masih muda dan dapat dikonsumsi. Di Indonesia hingga saat ini terdapat berbagai macam makanan yang menggunakan rebung sebagai salah satu bahan yang digunakan.

Olahan rebung yang mungkin kamu ketahui seperti gulai santan berisikan rebung, isi dari lumpia Semarang, sayur ketupat Bojonegoro, beko Makassar, hingga lodeh rebung.

BACA JUGA:5 Resep Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata, Nomor 5 Paling Mudah

Tahukah kamu apa saja gizi atau pun kandungan yang terdapat dalam rebung? Ternyata rebung merupakan sayur yang tinggi serat.

Dalam setiap 100 gram rebung terdapat 0,8 gram serat kasar. Ada pun fungsi dari serat pada rebung adalah dapat menurunkan kadar kolesterol serta dapat mengurangi resiko penyakit degeneratif.

Selain serat dalam rebung juga terdapat protein, lemak, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, Kalsium, Fosfor, Natrium, serta Betakaroten.

Tak kalah penting, dalam rebung juga terdapat kandungan kalium yang dapat mengurangi resiko stroke. Dalam setiap 10 gram rebung terdapat 533 mg kalium.

BACA JUGA:Berbulu dan Lucu, Berikut 10 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan, Nomor 6 Cocok Bagi Kamu yang Sendirian

Namun, kandungan yang tidak disangka terdapat pada rebung yaitu asam sianida yang bersifat racun. Senyawa ini berbentuk glukosida pada awalnya, namun berubah menjadi asam sianida berbahaya setelah bereaksi dengan air.

Asam sianida dapat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Diketahui asam sianida dapat mengakibatkan kematian apabila memenuhi dosis 0,5-3,4 mg per kg bobot tubuh.

Sedangakan pada rebung mentah terdapat 245 mg dalam setiap 100 gramnya. Efek samping lainnya yang dapat terjadi apabila mengonsumsi rebung berlebihan dan rutin yaitu penyakit gondok.

BACA JUGA:Kenakan Pakaian Adat Kesultanan Deli, Presiden Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila

Tapi kamu tidak perlu cemas terhadap kandungan asam sianida yang terdapat dalam rebung. Untuk menguranginya kamu dapat merendam rebung terlebih dahulu sebelum diolah selama ± 12 jam.

Setelah dimasak dengan benar kandungan asam sianida dalam rebung dapat berkurang sehingga aman dikonsumsi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pengolahan terbaik rebung adalah dengan cara dikukus dibandingkan direbus. Karena dengan direbus kemungkinan kandungan asam sianida yang keluar dan berada di air rebusan dapat masih menempel pada rebung.

Sumber: