Belajar dari Kisah Teladan Kesabaran Nabi Ayyub AS, Diberi Cobaan yang Sangat Berat

Belajar dari Kisah Teladan Kesabaran Nabi Ayyub AS, Diberi Cobaan yang Sangat Berat

Ilustrasi Keteladan-tebuirengonline-

JEKTVNEWS.COM - Nabi Ayyub AS adalah salah satu nabiyullah yang diberi anugrah berupa kenikmanatan serta kekayaan yang melimpah. Tidak hanya itu Nabi Ayyub juga diberkahi memiliki banyak hewan ternak seperti unta, sapi kambing, keledai dan kuda.

Nabi Ayyub AS memiliki silsilah keturunan yang bertemu dengan Nabi Ibrahim AS, yaitu Ayyub bim ‘Ish bin Ishaq bin Ibrahim AS.

Walaupun memiliki banyak harta, ia juga dikenal dengan sifatnya yang sangat dermawan, kekayaan yang dimiliki selalu dkeluarkan infaq dan sedekah seperti membantu orang miskin, membantu anak yatim dan lain-lain.

BACA JUGA:Bermain Imbang Strasbourg vs PSG, Penonton: Permainan Mereka Sangat Menginspirasi

Dalam berbagai buku kisah tentang nabi, Nabi Ayyub inilah yang dikenal sebagai nabi paling penyabar atas segala ujian yang diberikan oleh Allah, bahkan ada dikisahkan iblis pun tidak sanggup menguji nabi Ayyub karena kesabaran dan ketaqwaannya yang tinggi.

Setelah banyak kenikmatan yang didatangkan oleh Allah kepada nabi Ayyub, kemudian Allah memberi cobaan kepada nabi-Nya melalui harta. Atas kuasa Allah semua harta yang dimiliki nabi Ayyub diambil kembali sehingga ia tidak mempunyai harta apapun.

Tidak berhenti sampai disitu, Nabi Ayyub juga diuji dengan berbagai penyakit yang ada pada tubuhnya, ujian silih berdatangan tidak menggoyah keimanan nabi Ayyub, ia terus selalu berdzikir mengingat Allah meski menghadapi banyak cobaan nabi Ayyub tetap sabar dan tabah.

Akibat penyakit yang di derita nabi Ayyub, ia pun terpaksa harus tinggal di pinggiran negeri karena orang-orang di sekitar nabi taakut akan tertular penyakit yang dialaminya.  

Ujian yang dialami nabi Ayyub berlangsung cukup lama, bahkan ada yang meriwayatkan kalau sang Nabi Allah ini diberi kenikmatan selama 18 tahun dan selanjutnya diberi ujian selama 18 tahun juga.

BACA JUGA:Begini Cara Move On dalam Butuh Waktu Cepat, Berikut Cara Ampuhnya

Kisah teladan nabi Ayyub AS telah diabadikan dalam Al-Quran, yakni terdapat pada surah Al Anbiya ayat 83.

وَاَيُّوْبَ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗٓ اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Ayyub, ketika dia berdoa kepada Rabbnya, “(Yaa Robbku) sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Robb yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.

Kemudian Allah berfirman dalam ayat selanjutnya yakni ayat 84,

BACA JUGA:Luar Biasa! Melalui 6 Lagu, BTS Jungkook Capai 2 Miliar di Semua Kredit Spotify

فَاسْتَجَبْنَا لَهٗ فَكَشَفْنَا مَا بِهٖ مِنْ ضُرٍّ وَّاٰتَيْنٰهُ اَهْلَهٗ وَمِثْلَهُمْ مَّعَهُمْ رَحْمَةً مِّنْ عِنْدِنَا وَذِكْرٰى لِلْعٰبِدِيْنَ ۚ

Sumber: