Kisah Unik Sahabat Nabi Nu'aiman bin Amr yang Selalu Bikin Ngakak

Kisah Unik Sahabat Nabi Nu'aiman bin Amr yang Selalu Bikin Ngakak

Kisah Unik Sahabat Nabi Nu'aiman bin Amr yang Selalu Bikin Ngakak-ist-

JEKTVNEWS.COM - Nabi Muhammad SAW dikelilingi oleh para sahabat yang mulia dan pemberani. Namun, di antara mereka ada satu sosok yang tak hanya shalih tapi juga dikenal dengan kelucuannya, yaitu Nu'aiman bin Amr bin Rafa'ah. 

Nu'aiman tak segan membuat orang di sekitarnya tertawa, termasuk Rasulullah SAW sendiri. Kisah-kisah kejenakaannya seringkali menjadi cerita penghibur para sahabat. Yuk, kita simak beberapa kisah lucu Nu'aiman bin Amr!

1. Keusilan Nuaiman pada Abu Bakar

Suatu hari, Nu'aiman ikut dalam rombongan dagang yang dipimpin oleh Abu Bakar menuju Negeri Syam. Di perjalanan, Nu'aiman melihat budak milik Abu Bakar bernama Suwaibith. Nu'aiman kemudian berpura-pura bertemu dengan pedagang budak dan mengatakan ingin menjual Suwaibith.

Abu Bakar yang tak mengetahui hal tersebut, tentu saja kebingungan saat Suwaibith menghilang. Setelah ditelusuri, ternyata Suwaibith "dibeli" oleh orang-orang Syam. Abu Bakar pun dengan susah payah menebus Suwaibith kembali.

BACA JUGA:Film Rumah di Seribu Ombak: Kisah Persahabatan di Tengah Ombak Kehidupan

Tahu kebohongannya terbongkar, Nu'aiman pun jujur kepada Abu Bakar. Mendengar cerita tersebut, Abu Bakar pun tak marah, malah tertawa terbahak-bahak.  Kisah ini sampai ke telinga Rasulullah SAW, dan beliau pun ikut tertawa mendengar kejenakaan Nu'aiman.

2. Hadiah Madu untuk Rasulullah

Di Madinah, saat itu sedang musim panas yang terik. Nu'aiman melihat seorang penjual madu yang terlihat kelelahan karena dagangannya tak kunjung laku. Nu'aiman kemudian berinisiatif membeli seluruh madu tersebut.

BACA JUGA:1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Disiagakan di Seluruh Indonesia Selama Mudik Lebaran

Nu'aiman kemudian membawa madu tersebut ke masjid dan berteriak, "Siapa yang ingin menukar cuka dengan madu?"  Tentu saja tidak ada yang mau menukar cuka dengan madu. Melihat respon tersebut, Rasulullah SAW yang sedang berada di masjid pun tersenyum geli.

Nu'aiman kemudian menghadap Rasulullah SAW dan berkata, "Ya Rasulullah, khusus untuk Anda, saya berikan madu ini secara cuma-cuma!"  Rasulullah SAW pun menerima hadiah madu tersebut dan terbahak-bahak melihat tingkah laku sahabatnya yang jenaka itu.

3. Masuk Surga Sambil Tertawa

BACA JUGA:Plt. Kajati Jambi Ikut Setujui Penghentian Penuntutan Kasus Penadahan dari Nipah Panjang

Meskipun sering jahil dan membuat orang tertawa, Nu'aiman adalah sosok yang shalih dan pemberani. Ia turut serta dalam perang Badar bersama Rasulullah SAW.  Bahkan, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Nu'aiman akan masuk surga sambil tertawa terbahak-bahak karena ia sering membuatku tertawa."

Kisah Nu'aiman bin Amr mengajarkan kita bahwa keceriaan dan humor bisa menjadi bagian dari kehidupan seorang muslim. Meski begitu, tentunya kejenakaan harus diiringi dengan akhlak yang baik dan tidak merugikan orang lain.

Sumber: