Makna Berkurban di Hari Raya Idul Adha 1445 H

Makna Berkurban di Hari Raya Idul Adha 1445 H

PJ Walikota Jambi Sri Purwaningsih -Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Sebagian umat Islam merayakan hari raya Idul Adha dengan cara berkurban atau menyembelih hewan ternak sapi, kerbau, maupun kambing. Ini merupakan salah satu wujud ketaatan dan kepatuhan seorang muslim.

BACA JUGA:PJ Bupati Raden Najmi Salat Idul Adha di Masjid Istiqomah Sekernan

Seluruh umat Islam merayakan hari raya Idul Adha 1445 H tahun 2024. Selain salat ied, sebagian umat Islam merayakan hari raya Idul Adha dengan cara berkurban atau menyembelih hewan ternak sapi, kerbau, maupun, kambing.

Sejarah kurban ini sendiri berakar dari kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail. Kemudian Allah SWT menggantikannya dengan seekor domba sebagai bentuk pengujiannya terhadap keimanan dan ketakwaan.

BACA JUGA:Wanita Muda di Kota Jambi Dibunuh Teman Kencan, Pelaku Terancam 15 Tahun Penjara

PJ Walikota Jambi, Sri Purwaningsih mengatakan, dengan berkurban juga bertujuan untuk melatih rasa keikhlasan. Kemudian mendekatkan diri kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan.

Tahun ini, Pemerintah Kota Jambi menyembelih 196 hewan kurban, baik sapi, kerbau, dan kambing. Yang nantinya akan dibagi ke masyarakat Kota Jambi yang membutuhkan.

Sumber: