WASPADA! Ancaman Kemarau Panjang El-nino Landa Indonesia, Pemerintah Minta Langkah Antisipasi

WASPADA! Ancaman Kemarau Panjang El-nino Landa Indonesia, Pemerintah Minta Langkah Antisipasi

Ilustrasi-Pixabay-

JEKTVNEWS.COM - Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia cukup meningkat di berbagai daerah bahkan masuk dalam kategeori ekstrem. Cuaca yang sangat panas sudah banyak dirasakan oleh masyarakat, karena dengan kipas angin pun masih terasa beda panasnya.

Fenomena ini disebut dengan El nino atau terjadinya pemanasan suhu di permukaan laut melebihi kondisi normal di Samudra pasifik dan dapat mengakibatkan musim kemarau yang panjang.

BACA JUGA:Usai Kegiatan KTT ke 42 ASEAN, Presiden Jokowi Buka Peluang Kerjasama Ekonomi

El nino sendiri sebenarnya diperkirakan akan terjadi bulan Agustus 2023 hingga 2024 akan tetapi dampaknya mulai dirasakan dari sekarang. Ancaman yang terjadi apabila terjadinya kemarau panjang dapat menyebabkan kekeringan serta memicu terjadinya Karhutla atau kebakaran hutan dan lahan.

Dilansir dari sejumlah organisasi Meteorologi dunia bahwa fenomena La nina telah terjadi selama 3 tahun terakhir dan membawa cuaca yang basah dan sejuk telah usai, sebagai gantinya El nino hadir dengan membawa suhu cuaca yang panas dengan kenaikan suhu 1-1,5 derajat celcius.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat yang Dapat Dikunjungi Saat Malam Minggu

Berdasarkan prediksi BMKG atau badan meteorologi klimatologi dan geografi nasional bahwa ada beberapa wilayah indonesia yang akan terancam kekeringan akibat dampak El nino, berikut provinsi yang akan dilanda:

  1. Sumatera: Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung
  2. Jawa: DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur
  3. Kalimantan: Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara
  4. Sulawesi: Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah
  5. Maluku dan Papua: Maluku Utara, Papua, Papua Selatam
  6. Bali dan Nusa tenggara; Bali, NTB dan NTT. 

BACA JUGA:Yuk Nonton!! 4 Judul Film di Bioskop Kotamu, No 4 Sangat Ditunggu Tayangnya

Peristiwa El nino terakhir terjadi tahun 2019 dan peristiwa ini biasanya terjadi selama Sembilan bulan atau dua tahun, dan tidak bisa dipastikan berapa lamanya.

Sumber: