Sebelum Pulang Kampung, Perhatikan Beberapa Hal ini untuk Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran

Sebelum Pulang Kampung, Perhatikan Beberapa Hal ini untuk Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran

Ilustrasi keluarga mudik lebaran-klikdokter-

jektvnews.com - Bulan Ramadan telah hadir kembali. Menjelang Lebaran 2023, sebagian besar masyarakat akan melakukan mudik ke kampung halaman tercinta. Mudik menjadi tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia untuk merayakan momen Idul Fitri bersama sanak keluarga.

Namun perlu diingat bahwa perjalanan mudik juga memerlukan persiapan dan perhatian khusus agar dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.Untuk menyambut Idul fitri dan masa liburan nantinya, mempersiapkan mudik Lebaran perlu dilakukan dari jauh-jauh hari agar perjalanan makin tenang dan terarah.

BACA JUGA:Mengejutkan, Ini Fakta Bika Ambon Makanan Khas Medan yang Sering Dikira Dari Ambon

Untuk mendapatkan pengalaman mudik yang aman, nyaman, dan tenang, Berikut tips mudik lebaran yang dapat membantu menjadikan momen libur kamu semakin berkesan:

1.Persiapkan Diri dengan Baik

Sebelum melakukan perjalanan mudik pastikan anda telah mempersiapkan diri dengan baik, pastikan tubuh anda dalam keadaan sehat dan bawa obat-obatan yang diperlukan.

BACA JUGA:Langsung Mengonsumsi Makanan Berat Ketika Berbuka Puasa Tidak Dianjurkan. Ini Alasannya

2. Pastikan Rumah Aman Sebelum Ditinggalkan

Keadaan rumah yang kosong bisa membuat perasaan menjadi khawatir ketika melakukan perjalanan mudik Lebaran. Sebelum mudik ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memastikan keadaan rumah agar tetap aman, seperti mengunci semua pintu dan jendela, lapor pada RT dan satpam setempat, pasang CCTV dan alarm kebakaran, juga titipkan rumah pada orang yang dipercaya.

BACA JUGA:Komoditas Harga Pangan di Bulan Ramadan, Cek Disini

3. Periksa Segala Barang Bawaan

Saat melakukan perjalanan mudik, tentu akan ada banyak barang bawaan. Untuk itu, sangat penting memeriksa kembali seluruh barang bawaan, mulai dari keperluan pribadi sehari-hari juga ragam oleh-oleh yang ingin diberikan kepada sanak saudara.

Untuk mempermudah, disarankan membuat daftar barang bawaan yang diperlukan agar tidak ada barang yang terlupakan.

BACA JUGA:Resep Ramadan. Begini Cara Membuat Es Kopyor Kelapa Muda untuk Takjil Buka Puasa

Sumber: