BPTD Prediksi Pergerakan Mudik Lebaran di Jambi Mencapai 1,27 Persen

BPTD Prediksi Pergerakan Mudik Lebaran di Jambi Mencapai 1,27 Persen

transportasi mudik-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Kepala BPTD Kelas dua JAMBI menyampaikan dari data survey Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan keberangkatan masyarakat dari JAMBI selama angkutan lebaran tahun 2024 sebesar 1,27 persen. Sedangkan potensi pergerakan kedatangan masyarakat dari luar JAMBI pada masa angkutan lebaran sebesar 0,60 persen.

BACA JUGA:Pemprov Jambi Harap Arus Mudik Lebaran 2024 Berjalan Lancar

Kepala BPTD Kelas dua Jambi, Eko Indra Yanto mengakui bahwa potensi perjalanan mudik di tahun ini sangat luar biasa. Untuk itu, sangat perlu disikapi bersama stakholder terkait.

Eko menyampaikan, dari survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Trasnportasi Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik yang meninggalkan Jambi atau pergerakan masyarakat pada mudik lebaran Idul Fitri 1445 H di Provinsi Jambi mencapai 1,27 persen. Sedangkan masyarakat dari luar Jambi yang melakukan perjalanan ke Jambi mencapai 0,60 persen.

BACA JUGA:Disnakertrans Jambi Tegaskan Pembayaran THR Tak Boleh Dicicil

“Dari data survey yang telah dilakukan oleh BKT (Badan Kebijakan Transportasi)TRATRA, kementrian perlindungan kami melihat bahwa ada kurang lebih yang akan keluar dari Jambi ini sekitar 1,2 % dari total 193 juta, ujar Eko Indra Yanto - Kepala BPTD Kelas dua Jambi.

“Dan juga yang akan masuk kurang lebih sekitar 0,6 % yang akan masuk Jambi dari data yang ada. Itu prediksi karena memang kan liburan juga cukup panjang, kemudian disatu sisi ekonomi juga sudah mulai baik ya secara nasional menimbulkan adanya peningkatan perjalanan,” lanjutnya.

BACA JUGA:Pemprov Jambi Mulai Salurkan TPP ASN

Hal tersebut menurutnya, lonjakan pemudik ini disebabkan dari libur lebaran yang cukup panjang. Dan disatu sisi perekonomian secara nasional juga sudah membaik.

Sumber: