Kamu Masih Ngantuk Dan Lemas Saat Puasa? Simak Beberapa Tips Berikut untuk Mencegahnya

Kamu Masih Ngantuk Dan Lemas Saat Puasa? Simak Beberapa Tips Berikut untuk Mencegahnya

Ilustrasi Ngantuk-gurus iana-

jektvnews.com -  Saat menjalankan ibadah puasa, umat islam akan menahan hawa nafsu seperti rasa lapar dan haus selama seharian hingga adzan maghrib berkumandang. Masalah yang seringkali menghampiri kita saat berpuasa adalah rasa mengantuk.

Tidak menerima asupan makanan dan minuman berjam-jam membuat tubuh kita terasa lemas dan mengantuk. Situasi mengantuk seringkali terjadi dari siang hari menuju sore. Hal ini tentunya sangat mengganggu saat kamu sedang beraktivitas di siang hari. Bagaimana cara mencegah rasa ngantuk dan lemas saat berpuasa dalam keadaan perut kosong?

BACA JUGA:Begini Cara Menambah Cuan Saat Di Bulan Ramadan, Simak 8 Tips Jualan kuliner Online Saat Ramadan

Berikut Tips agar tidak mengantuk dan lemas saat puasa menurut Coach Pris yang dapat diterapkan:

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat menjadi kunci lebih sehat dan fokus sehari-hari. Sebuah riset menunjukan istirahat selama sekitar 6 hingga 7 jam dapat membantu menjaga kesehatan mental agar lebih stabil.

Saat sedang berpuasa, penting untuk istirahat cukup. Menjaga kebersihan tempat tidur di bulan Ramadan dapat membuat kualitas tidur dan mood lebih baik. Mengatur jadwal istirahat ideal saat puasa baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Ingatkan Masyarakat Tentang Kewajiban Berzakat

2. Sahur Makanan Bergizi

Makanan dan minuman yang sehat akan membuat badan lebih sehat saat berpuasa. Protein dan serat adalah nutrisi penting yang dapat membantu merasa lebih kenyang selama berpuasa sedangkan makanan yang kaya akan lemak jenuh lebih cepat dicerna, sehingga membuat mudah lapar.

Disarankan untuk menghindari makanan yang kaya akan lemak dan menambah konsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka. Bisa juga coba ganti kolak dan gorengan dengan buah-buahan segar dan sayuran.

BACA JUGA:Bikin Iri Para Penggemar, Ayu Ting Ting Dance Bareng Boygroup korea Selatan Treasure

3. Cobalah Menulis

Menulis dapat membantu untuk menenangkan perasaan saat berpuasa. Dengan menuliskan keluh kesah dan perasaan, dapat meredakan emosi negatif tanpa merugikan pihak lain atau terbawa emosi di kemudian hari.

Selain itu, journaling bisa menjadi salah satu media refleksi diri agar bisa belajar lebih baik lagi dalam menjaga kesehatan mental.

Sumber: