Biar Tak Kaget di Awal Puasa, Berikut 47 Tips Sehat Bulan Ramadhan

Biar Tak Kaget di Awal Puasa, Berikut 47 Tips Sehat Bulan Ramadhan

KENDALIKAN EMOSI

37. Rasulallah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah me-manage emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Allah.

38. Pengendalian emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.

39. Selalu berpikir positif akan menjaga kesempurnaan puasa dan metabolisme tubuh kita.

BERSIWAK DAN MANDI

40. Menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

41. Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau.

42. Dianjurkan tetap bersiwak, menyiramkan air dingin pada kepala dan juga mandi. Bersiwak atau gosok gigi boleh dilakukan oleh orang yang berpuasa.

43. Mandi juga membuat anda tetap segar dan terhindar dari dehidrasi

SAAT BERI’TIKAF

44. Manfaatkan momen ibadah bulan Ramadhan, yaitu dengan beri’tikaf di masjid.

45. Berbekal makanan sumber energi yang baik dan tahan lama, misalnya kurma, madu, berbagai jenis gula, namun hindari gula-gula atau permen.

46. Makanan dan minuman suplemen bisa dikonsumsi, termasuk susu dalam kemasan. Pilihlah makanan atau minuman suplemen yang mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh, dan sesedikit mungkin mengandung zat non gizi (kafein, pemanis, pengawet dan lainnya yang sejenis).

47. Perlu juga berbekal obat-obatan ringan, seperti obat pereda demam, sakit kepala, anti diare beserta oralit, dan lain-lainnya. Gunanya, untuk menjaga apabila saat beri’tikaf penyakit menyerang tubuh Anda.

Sumber: www.tipstren.pojoksatu.id

Sumber: