Indikator Makro Daerah Capaian Kinerja Pemkot Jambi Tunjukan Perkembangan Positif

Indikator Makro Daerah Capaian Kinerja Pemkot Jambi Tunjukan Perkembangan Positif

PJ Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih memberikan pemaparan terkait capaian kinerja Pemkot Jambi pada tahun 2023 melalui indikator makro daerah-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Dalam rapat paripurna istimewa yang digelar DPRD Kota Jambi pada Selasa 28 Mei 2024 kemarin, PJ Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih memberikan pemaparan terkait capaian kinerja Pemkot Jambi pada tahun 2023 melalui indikator makro daerah yang menunjukkan perkembangan positif.

Sri Purwaningsih selaku Penjabat Wali Kota Jambi memaparkan capaian kinerja Pemkot Jambi pada tahun 2023 melalui indikator makro daerah yang menunjukkan perkembangan positif.

Diantaranya Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) pada Tahun 2023 mencapai 6,61%, jauh melampaui pertumbuhan Ekonomi Nasional sebesar 5,05%. Inflasi year on year Tahun 2023 berada di angka 3,27%. Angka ini terus kita kendalikan, sehingga Inflasi Kota Jambi month to month pada periode April 2024 minus 0,05% atau terjadi deflasi.

BACA JUGA:Bakal Calon Bupati Anwar Sadat Sebut Tidak Puas Diri Dengan Hasil Survei

Terkait kemiskinan, Pemkot mampu menekan angka kemiskinan menjadi 8,24%, atau turun dari angka Kemiskinan 2022 sebesar 8,33%. Angka Kemiskian Kota Jambi berada di bawah angka kemiskinan Nasional yang tercatat 9,36%.

Untuk Tingkat Pengangguran Terbuka, trendnya cenderung turun dari waktu ke waktu. Pada Tahun 2023 TPT Kota Jambi adalah 8,27%, turun dari Tahun 2022 yang sebesar 8,95%.

BACA JUGA:KPU Muaro Jambi Tetapkan Caleg Terpilih Muaro Jambi , Dari 35 Kursi Tahun Ini Menjadi 40 Kursi

“Bahwa pengelolaan APBD ini sama dengan APBN ternyata karena ada kontribusi PAD di dalamnya maka dengan sangat maksimal 92% tersebut adalah angka tertinggi yang bisa kita tempuh di tahun 2023 ini. Terima kasih atas kerja keras para OPD yang sudah melaksanakan program kegiatan sebagaimana yang direncanakan selain menjaga tujuan penggunaan dan komposisinya,” ucap Sri Purwaningsih , PJ Wali Kota Jambi , Kamis (30/5).

“Kita juga selalu memastikan bahwa APBD dalam bentuk belanja program kegiatan dapat dilaksanakan lebih cepat dan lebih tepat, hal ini tidak lain adalah agar belanja pemerintah memiliki efek yang berganda bagi perekonomian dan bagi kesejahteraan masyarakat Kota Jambi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang merupakan indikator penting guna mengukur keberhasilan dalam pembangunan kualitas hidup manusia. Pada Tahun 2023 IPM Kota Jambi sebesar 80,93. Capaian ini naik dari Tahun sebelumnya yang sebesar 79,58. Adapun IPM Kota Jambi ini berada di atas IPM Nasional yang sebesar 74,39.

BACA JUGA:Satresnarkoba Polresta Jambi Amankan Belasan Tersangka Hasil Dari Operasi Antik Siginjai 2024.

Dalam upaya mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Produktif dan berdaya saing, kami tetap fokus mewujudkan terselenggaranya pendidikan yang bermutu dan layak serta terjangkau melalui berbagai program yang terarah, terukur, tepat sasaran dan berkelanjutan. Misalnya melalui program Jambi Cerdas untuk siswa/i kurang mampu.

Sumber: