BKKBN Klaim iBangga Kota Jambi Sangat Baik

BKKBN Klaim iBangga Kota Jambi Sangat Baik

Drs. Puput Riyanto-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi JAMBI mengatakan indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) Kota JAMBI mencapai 66.48 angka ini melebihi capaian secara nasional 61.43. BKKBN Provinsi JAMBI melakukan penilaian kepada Kota JAMBI untuk menjadi wakil bagi Provinsi JAMBI pada ajang iBangga Award.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi Drs. Putut Riyatno mengatakan indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) Kota Jambi mencapai 66.48 angka ini melebihi capaian secara nasional 61.43.

BACA JUGA:Memasuki Tiga Bulan Kobaran Api Sumur Ilegal Driling Belum Padam

“Kita hari ini melakukan penanganan terhadap namanya itu iBangga World tahun 2024, dan ini ada pertama kali dilaksanakan di seluruh Indonesia Jambi atau di Provinsi Jambi itu ada tiga kominator pertama Kota Jambi, kedua Kabupaten Muaro Jambi, dan ketiga ada Kabupaten Batanghari. Tapi dari hasil penilaian kami bahwa secara profil ataupun secara struktur kami memang tingkat trend kenaikannya lebih tinggi dibandingkan dengan dua Kobagan lainnya. Oleh karena itu kami hari ini mencoba untuk melakukan penilaian terhadap Kota Jambi yang terkait dengan iBangga tadi,” ujarnya.

“iBangga tadi sudah disebutkan ada tiga dimensi pertama dimensi ketentraman, kedua dimensi kemandirian, dan ketiga dimensi kebahagiaan. Sehingga diperoleh rata-rata nilai untuk iBangga 66,48 ini merupakan angka yang cukup baik ya untuk untuk kategori ini. Dan harapan kami adalah nanti Kota Jambi mewakili Provinsi Jambi untuk lembaga nasional Insyaallah nanti dalam rangka hariaga nasional ke-31, Itu nanti akan dilakukan oleh pusat kita akan menunggu jadwalnya saran-saran mudah-mudahan bisa lebih baik dari yang lain,” jelasnya.

BACA JUGA:Akad Nikah Putri Gubernur Al Haris berlangsung penuh Khidmat

Lebih lanjut Putut menjelaskan dengan capaian iBangga tersebut, BKKBN Provinsi Jambi melakukan penilaian kepada Kota Jambi untuk menjadi wakil bagi Provinsi Jambi pada ajang iBangga Award. 

Selain Kota Jambi, BKKBN juga menilai dua kabupaten lainnya yaitu Muaro Jambi dan Batanghari.

Dari hasil penilaian secara profil dan survei, pihaknya melihat bahwa Kota Jambi memiliki indeks yang lebih tinggi dari dua kabupaten lainnya. Untuk itu, Kota Jambi selanjutnya dipersiapkan untuk mewakili Provinsi Jambi pada ajang iBangga Award nasional.

BACA JUGA:Menko Polhukam Sampaikan Sejumlah Pesan Pada Deputi Bidang Koordinasi Kominfotur yang Baru Dilantik

Putut menyebutkan ada beberapa indikator penilaian pembangunan keluarga, meliputi dimensi ketentraman, kemandirian dan kebahagiaan.

Capaian iBangga Kota Jambi sebesar 66.48 ini melebihi capaian iBangga Provinsi Jambi yakni mencapai 51.66,48 ini angka cukup baik untuk kategori ini, Kota Jambi mewakili Provinsi Jambi tingkat nasional dalam rangka hari keluarga nasional untuk jadwal menunggu dari pusat.

 

Sumber: