Masa Tenang Pemilu Jelang 14 Februari, Pj Wali Kota Jambi Berikan Instruksi

Masa Tenang Pemilu Jelang 14 Februari, Pj Wali Kota Jambi Berikan Instruksi

Pj Wali Kota Jambi Berikan Instruksi-ist-

Sri juga meminta semua pihak saling berkoordinasi mengantisipasi segala kemungkinan serta mengedepankan cara-cara persuasif dan humanis.

Sri Purwaningsih dalam kesempatan itu juga melepas tim penertiban alat peraga kampanye (APK) peserta kontestan pemilu 2024.

Pemkot Jambi, kata Sri, mendukung kerja Bawaslu dalam penertiban APK tersebut dengan menyiapkan truk pengangkut dan tempat penyimpanan sementara APK menjelang dimusnahkan.

“Hari ini juga kita akan melakukan kegiatan penertiban alat peraga kampanye. Di Kota Jambi barangkali berbeda dengan kabupaten kota yang lain di provinsi Jambi. Sangat banyak ya gambar-gambar, foto-foto yang beredar di sepanjang jalan. Maka hari ini juga di masa tenang ini, seluruh APK itu akan kita tertibkan dalam konteks pekerjaan ini adalah Bawaslu. Pemerintah kota Jambi kemudian membantu peralatan yang bisa menjangkau gambar-gambar atau APK yang posisinya tidak seperti normatif pada umumnya. Kami tidak boleh dari pemerintah yang menertibkan, yang boleh melakukan itu adalah Bawaslu," ujarnya.

Lanjut Sri, dalam menerbitkan APK-APK itu nanti akan ada petugas yang ikut mengamankan di belakang truk yang mengangkut APK-APK itu.

BACA JUGA:Kemenkeu Tunda Pembayaran Rapelan Kenaikan Gaji PNS, PPPK, dan Pensiunan hingga Maret 2024

"Sudah kami siapkan di TPA untuk kumpulnya APK tersebut kami simpan dan nanti pada saatnya akan dilakukan pemusnahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sebagai penutup, atas nama pemerintah ia menyampaikan selamat menjalankan misi negara ini.

"Jaga selalu kesehatan dan terus semangat. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan nanti selain bermanfaat bagi masyarakat, agama, negara dan bangsa, mudah-mudahan segala upaya dalam kita menjalankan tugas-tugas nanti menjadi catatan amal ibadah kita,” harap Sri Purwaningsih.

Sementara Ketua Bawaslu Kota Jambi Johan Wahyudi menjelaskan dalam penertiban APK, pihaknya dibantu tim gabungan dengan menyusuri jalan-jalan dan sudut Kota Jambi. Salah satunya dari Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa (PPKD). Bawaslu Kota Jambi membentuk empat tim saat terjun melakukan penertiban.

Dijelaskan, empat tim nanti akan menyebar, khusus di jalan protokol. Untuk di kecamatan nanti PPKD dan PTPS yang menyebar di seluruh kecamatan, sehingga diharapkan hari ini APK sudah tertib semua.

Lanjut dia, apel ini adalah sebuah bentuk kesiapan dan untuk mengecek personel, baik di tingkat TPS, PPKD dan Panwascam untuk mengawasi proses pemungutan suara.

BACA JUGA:Gelombang Pasar Saham Indonesia, Proyeksi dan Sentimen Saham Terkini!

“Hari ini ada agenda lain selain apel siaga, yaitu penertiban APK. Mulai nanti malam kami juga akan melakukan patroli pengawasan. Kami ingin memastikan bahwa tidak ada lagi aktivitas kampanye, maupun aktivitas yang menyerupai kampanye. Jadi mulai hari ini hingga dua hari ke depan hingga habis masa tenang, Bawaslu akan terus berpatroli di wilayah Kota Jambi,” jelasnya.

Dia mengatakan, imbauan yang pertama tentunya partisipasi masyarakat juga diperlukan terkait dengan penertiban APK, karena ditotal yang terhitung ada sekitar 10-an ribu lebih APK yang ada di Kota Jambi. "Tentunya dengan personel yang kami punya tidak cukup untuk itu kami tangani (handle) sendiri,” jelasnya.

Sumber: