Kementerian PUPR Selesaikan Pengerjaan Bendungan Cipanas dengan Daya Tampung 850 Liter

Kementerian PUPR Selesaikan Pengerjaan Bendungan Cipanas dengan Daya Tampung 850 Liter

Kementerian PUPR Selesaikan Pengerjaan Bendungan Cipanas dengan Daya Tampung 850 Liter-Ist -

Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dan siap diresmikan.

Bendungan Cipanas mulai dibangun pada November 2016 dan selesai pada Desember 2023. Dengan luas genangan 1.316 ha dan kapasitas tampung 251 juta m3, bendungan ini 10 kali lebih besar dari pada Bendungan Kuningan.

BACA JUGA:Tinjau Pembangunan Jembatan Penghubung Desa Kasang dan Desa Pudak Muaro Jambi

Saat ini tingkat keterisian bendungan telah mencapai 10% dan terus bertambah dalam musim hujan.

Bendungan Cipanas bermanfaat untuk menyuplai kebutuhan air bagi 9.273 ha area irigasi di Kabupaten Sumedang dan Indramayu.

BACA JUGA:Menggoda Lidah, 5 Olahan Buah Naga yang Unik untuk Sensasi Kuliner yang Berbeda

Hal ini diharapkan akan meningkatkan intensitas panen petani dari sebelumnya 1 kali panen dalam setahun dengan metode tadah hujan menjadi 2-3 kali panen dalam setahun.

Bendungan Cipanas juga akan memenuhi kebutuhan air baku sebesar 850 liter/detik bagi kawasan segitiga Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana) di Kabupaten Indramayu dan Sumedang dan 650 liter/detik untuk kawasan industri di Kabupaten Sumedang.

Bendungan ini juga akan menyuplai kebutuhan air minum 200 liter/detik bagi masyarakat di Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Kapuspen TNI Kunjungi Dewan Pers Pererat Hubungan Kerjasama

Selain itu, Bendungan Cipanas juga memiliki potensi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebesar 3 MW dan mereduksi debit banjir sebanyak 84% atau sekitar 243 m3/detik, sepadan dengan mereduksi 700 ha areal yang tergenang banjir.

Sumber: