Prospek Pasar Saham Indonesia, Sentimen dan Rekomendasi Saham untuk Pekan Ini!

Prospek Pasar Saham Indonesia, Sentimen dan Rekomendasi Saham untuk Pekan Ini!

Sentimen dan Rekomendasi Saham untuk Pekan Ini--

JEKTVNEWS.COM - Pasar saham Indonesia pada pekan lalu mengalami fluktuasi, dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penurunan sebesar 8,37 poin atau 0,12 persen menjadi 6.926. Investor asing mencatat jual bersih sebesar Rp100,74 miliar selama sepekan, sementara indeks saham menguat empat kali dan hanya melemah sekali, dengan performa keseluruhan meningkat 0,56 persen. Menurut Kautsar Primadi Nurahmad, Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), volume transaksi harian meningkat rata-rata 7,66 persen. Kapitalisasi pasar bursa juga meningkat sebesar 2,99 persen, mencapai Rp10.562 triliun.

BACA JUGA:IHSG Menguat 0,56% Pada Pekan Terakhir, Volume Transaksi Meningkat

Namun, rata-rata frekuensi transaksi harian mengalami penurunan sebesar 3,04 persen, turun menjadi 1.197.523 kali transaksi. Perubahan juga terjadi pada rata-rata nilai transaksi harian, yang turun 2,04 persen menjadi Rp10,11 triliun. Pengamat Pasar Modal, Oktavianus Audi, memperkirakan bahwa IHSG akan cenderung melemah dalam rentang 6.860-6.990 pekan ini. Dia mencatat dua sentimen dalam negeri yang perlu diwaspadai, yaitu data neraca dagang Indonesia yang diperkirakan akan mengalami penurunan surplus dan potensi suku bunga Bank Indonesia yang diprediksi akan tetap stabil.

BACA JUGA:IHSG Berpotensi Naik, Sentimen Komoditas dan Nilai Tukar Tetap Jadi Sorotan

Di luar negeri, Audi memperhatikan kenaikan harga minyak mentah akibat konflik geopolitik dan sentimen dari pidato Gubernur The Fed, Jerome Powell, terkait suku bunga acuan AS. Dalam konteks saham, Audi merekomendasikan tiga emiten: PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT Elnusa Tbk (ELSA), dan PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) sebagai saham pilihan. Sementara itu, Hary Suwanda, seorang pelatih investasi saham, memperkirakan IHSG akan bergerak datar dalam rentang 6.839-7.000, dengan perhatian khusus pada posisi resistance di level 7.000. Suwanda juga mengingatkan tentang meningkatnya konflik di Timur Tengah yang dapat memengaruhi harga minyak dan sektor energi terkait. Suwanda merekomendasikan tiga saham pilihan yaitu PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), dan PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) sebagai potensi pilihan investasi.

Sumber: