9 Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Bikin Badan Sehat dan Kuat

9 Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Bikin Badan Sehat dan Kuat

Makanan kaya akan vitamin D-ist-

JEKTVNEWS.COM - Makanan kaya akan vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh yang baik. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor, yang penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat.

Selain itu, vitamin D juga berperan dalam menjaga fungsi otot yang baik dan dapat membantu mencegah beberapa penyakit kronis.

BACA JUGA:Bertambah Pahala, Berikut Amalan yang Dapat Dilakukan Saat Ibadah Puasa Senin Kamis

Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan vitamin D:

1. Ikan Salmon: Ikan salmon merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Dalam setiap 100 gram ikan salmon, Anda dapat mendapatkan sekitar 600-1000 IU (International Units) vitamin D. Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Sarden: Sarden juga merupakan sumber vitamin D yang kaya. Dalam setiap kaleng sarden, Anda dapat mendapatkan sekitar 300-500 IU vitamin D. Sarden juga mengandung asam lemak omega-3 dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang.

3. Telur: Telur adalah sumber vitamin D yang mudah diakses. Sebutir telur besar mengandung sekitar 40-50 IU vitamin D. Bagian kuning telur lebih tinggi kandungan vitamin D-nya dibandingkan putih telur. Selain itu, telur juga mengandung protein berkualitas tinggi.

4. Jamur: Beberapa jenis jamur, seperti jamur shitake dan jamur kancing, mengandung vitamin D yang cukup tinggi. Jamur yang terkena sinar matahari secara alami akan menghasilkan vitamin D. Dalam setiap 100 gram jamur, Anda dapat mendapatkan sekitar 100-200 IU vitamin D.

BACA JUGA:Manis Nan Menggoda, Berikut Dampak Buruk Makanan Manis Bagi Anak

5. Susu Fortifikasi: Susu sapi yang difortifikasi dengan vitamin D adalah sumber yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Dalam setiap gelas susu (240 ml), Anda dapat mendapatkan sekitar 100-130 IU vitamin D. Pastikan untuk memeriksa label produk untuk memastikan susu tersebut difortifikasi dengan vitamin D.

6. Keju: Beberapa jenis keju, seperti keju Swiss, keju cheddar, dan keju ricotta, mengandung vitamin D. Dalam setiap 100 gram keju, Anda dapat mendapatkan sekitar 10-20 IU vitamin D. Keju juga merupakan sumber kalsium yang baik.

7. Sereal Diperkaya: Beberapa sereal sarapan dan oatmeal diperkaya dengan vitamin D. Ini bisa menjadi alternatif yang baik jika Anda tidak suka makanan laut atau produk susu.

8. Jus Jeruk: Jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D juga tersedia di pasaran. Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk mendapatkan asupan vitamin D tambahan.

BACA JUGA:Manfaat Buah Pisang, Ternyata Berfungsi bagi Kesehatan Otak

Sumber: