Bertambah Pahala, Berikut Amalan yang Dapat Dilakukan Saat Ibadah Puasa Senin Kamis

Bertambah Pahala, Berikut Amalan yang Dapat Dilakukan Saat Ibadah Puasa Senin Kamis

Menambah pahala dengan amalan tambahan saat menjalankan ibadah puasa Senin Kamis-Freepik-

JEKTVNEWS.COM - Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari Senin dan Kamis dan memiliki keutamaan tersendiri.

Puasa ini adalah puasa sunnah, yang artinya tidak wajib, tetapi sangat dianjurkan. Puasa Senin Kamis memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

Mendapat pahala yang berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda, "Puasa Senin dan Kamis adalah puasa yang disukai Allah SWT." (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).

BACA JUGA:Manis Nan Menggoda, Berikut Dampak Buruk Makanan Manis Bagi Anak

Ditetapkannya amal pada hari Senin dan Kamis. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya pada hari Senin dan Kamis pintu-pintu langit dibuka, dan segala amal dinaikkan ke hadirat Allah SWT, maka aku suka amalku dinaikkan ketika aku berpuasa." (HR. Abu Daud)

Diampuni dosa-dosanya. Rasulullah SAW bersabda, "Setiap orang yang berpuasa pada hari Senin dan Kamis, maka akan diampuni dosanya selama dua minggu." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Mendapat derajat yang tinggi di surga. Rasulullah SAW bersabda, "Puasa Senin dan Kamis adalah dua hari yang dicintai oleh Allah SWT, maka barangsiapa berpuasa pada hari itu, maka Allah SWT akan mencintainya." (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menambah pahala puasa Senin Kamis:

BACA JUGA:Manfaat Buah Pisang, Ternyata Berfungsi bagi Kesehatan Otak

1. Berniat dengan ikhlas. Niat adalah salah satu syarat sah puasa. Pastikan niat puasa Senin Kamis kita ikhlas karena Allah SWT.

2. Sahur. Sahur adalah makan yang dilakukan sebelum terbit fajar (waktu subuh). Sahur hukumnya sunnah, tetapi sangat dianjurkan. Sahur dapat memberikan kita energi untuk menjalani puasa seharian.

3. Menahan diri dari makan, minum, dan berhubungan suami istri. Puasa Senin Kamis adalah puasa yang menahan diri dari makan, minum, dan berhubungan suami istri dari fajar hingga maghrib.

4. Membaca Al-Qur'an. Membaca Al-Qur'an adalah salah satu ibadah yang paling dicintai oleh Allah SWT. Membaca Al-Qur'an dapat menambah pahala puasa kita dan juga dapat meningkatkan keimanan kita.

5. Berdzikir. Berdzikir adalah mengingat Allah SWT dengan menyebut nama-Nya. Berdzikir dapat membuat hati kita tenang dan juga dapat menambah pahala puasa kita.

Sumber: