Ketahui Begini Keutamaan dan Keistimewaan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha

Ketahui Begini Keutamaan dan Keistimewaan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha

Ilustrasi Puasa Arafah-magelangekspres-

Dalam menghadapi rasa lapar, dahaga, dan ketidaknyamanan fisik saat berpuasa, umat Muslim dapat mengasah kesabaran mereka dan memperkuat ikatan spiritual dengan Allah.

Memperoleh Pahala Besar

Puasa Arafah merupakan amalan yang sangat dianjurkan di sisi Allah SWT. Allah menjanjikan pahala yang besar bagi mereka yang melaksanakan puasa Arafah dengan ikhlas dan tulus. Pahala ini tidak hanya berdampak di dunia, tetapi juga di akhirat.

BACA JUGA:Cek fakta: Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Saat Berpuasa

Amalan Puasa Arafah

Menjaga Niat yang Ikhlas

Sebagai amalan ibadah, puasa Arafah harus dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas karena Allah SWT semata. Niat ini harus disampaikan sebelum waktu fajr pada hari Arafah.

Menahan Diri dari Makan dan Minum

Selama puasa Arafah, umat Muslim harus menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam.

Memperbanyak Ibadah dan Doa

Selain menahan diri dari makan dan minum, puasa Arafah juga disertai dengan memperbanyak ibadah, seperti membaca Al-Qur'an, berzikir, berdoa, dan bersedekah.

Ini adalah waktu yang baik untuk merenungkan kehidupan, memperbaiki hubungan dengan Allah, dan memohon ampunan-Nya.

BACA JUGA:Hari Raya Idul Adha, Berikut Manfaat Daging dengan Pola Makan yang Seimbang

Mengharapkan Keberkahan dan Pengampunan

Selama puasa Arafah, umat Muslim diajak untuk merenungkan dosa-dosa mereka, bertaubat, dan memohon ampunan kepada Allah. Ini adalah kesempatan yang berharga untuk menghapus dosa-dosa kita dan memperoleh rahmat serta keberkahan-Nya.

Sumber: