Ketahui Begini Keutamaan dan Keistimewaan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha

Ketahui Begini Keutamaan dan Keistimewaan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha

Ilustrasi Puasa Arafah-magelangekspres-

JEKTVNEWS.COM - Puasa Arafah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, hari sebelum Hari Raya Idul Adha. Pada hari ini, umat Muslim berpuasa dengan tujuan untuk mendapatkan keberkahan dan pahala yang besar.

Makna dan Keistimewaan Puasa Arafah

Puasa Arafah mengambil namanya dari tempat yang bernama Arafah, sebuah dataran di Mekah, Arab Saudi, di mana jutaan jemaah haji berkumpul pada hari ke-9 bulan Dzulhijjah dalam rangka melaksanakan wukuf.

BACA JUGA:Resep Masakan Sayur Bening Daun Kelor, Cocok Banget Bagi Ibu Menyusui!

Puasa ini memiliki keistimewaan karena pada hari ini, Allah SWT mengampuni dosa-dosa hamba-Nya, mengangkat derajat mereka, dan menjawab doa-doa yang diucapkan.

Manfaat dan Keutamaan Puasa Arafah

Penghapus Dosa

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Puasa Arafah dapat menghapus dosa satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang."

Dengan melaksanakan puasa Arafah, umat Muslim memiliki kesempatan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa masa lalu dan masa depan.

BACA JUGA:Hari Raya Idul Adha: Berikut 3 Amalan Puasa yang dapat Dilakukan

Mendekatkan Diri kepada Allah

Puasa Arafah adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri pada hari ini, umat Muslim menunjukkan ketaatan dan ketundukan mereka kepada Allah, serta berusaha mendekatkan diri kepada-Nya.

Pelajaran Keikhlasan dan Kesabaran

Puasa Arafah memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk belajar tentang keikhlasan dan kesabaran.

Sumber: