Di Balik Harganya yang Murah, Ternyata Tomat Memiliki Kaya Akan Manfaat

Di Balik Harganya yang Murah, Ternyata Tomat Memiliki Kaya Akan Manfaat

Ilustrasi Buah Tomat-All Fresh-

JEKTVNEWS.COM - Buah tomat memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat yang dikaitkan dengan buah tomat:

1. Sumber nutrisi

Tomat kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan kalium. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tulang, kulit, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi jantung yang sehat.

BACA JUGA:Harga Telur dan Gula Pasir Naik, Pedagang Sebut Ini Telah Terjadi Hampir Dua Pekan di Kuala Tungkal

2. Antioksidan

Tomat mengandung senyawa antioksidan seperti likopen, beta-karoten, dan vitamin C. Likopen adalah senyawa antioksidan yang memberi tomat warna merahnya dan memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh.

Konsumsi makanan kaya likopen, seperti tomat, dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung, kanker, dan beberapa kondisi kronis lainnya.

BACA JUGA:4 Manfaat Makan Pahit Untuk Mengingkatkan Trombosit Saat DBD

3. Kesehatan jantung

Tomat dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam tomat dapat membantu menurunkan tekanan darah, sedangkan likopen dan vitamin C dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

BACA JUGA:DANA Premium: Batas Limit Maksimal, Cara Mudah dan Aman Mengelola Keuangan

4. Kesehatan mata

Buah tomat mengandung vitamin A dan senyawa seperti lutein dan zeaksantin yang penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan penuaan.

5. Menjaga berat badan

Sumber: