Fantastis! BBM Pertamina Turun Jadi 1.400/Liter di Jum'at Berkah, Cek Faktanya

Fantastis! BBM Pertamina Turun Jadi 1.400/Liter di Jum'at Berkah, Cek Faktanya

Pertamax green 92 belum dijual tahun depan-Freepik-

JEKTVNEWS.COM - Masyarakat Indonesia bergembira mendengar kabar turunnya harga BBM Pertamina turun menjadi 1.400/Liter pada Jumat Berkah. Perusahaan minyak dan gas milik negara itu mengumumkan harga baru Pertamax dan Pertalite yang berlaku mulai 2 Juni 2023.

Harga Pertamax mulai diturunkan Rp 800 per/liter, dari harga awal Rp. 13.300 per/liter menjadi Rp 12.500 per/liter.

Selain itu untuk harga Pertamax Turbo atau RON 98 mulai 1 Juni 2023 terjun bebas dengan angka penurunan hingga Rp 1.400 per/liter, dari harga sebelumnya Rp. 15.000 per/liter menjadi Rp 13.600 per/liter.

BACA JUGA:Burung Surga! Berikut 10 fakta menarik Burung Cendrawasih Papua, Fakta No 7 Sangat Unik

Tak hanya itu harga Dexlite mulai 1 Juni 2023, Pertamina Persero menurunkan Rp 1.050 per/liter, dari harga awal Rp. 13.700 per/liter menjadi Rp 12.650 per/liter.

Sedangkan untuk  harga Pertamina Dex (Pertadex) atau CN 53 mulai 1 Juni 2023 dibandrol dengan harga Rp 13.250 per/liter atau turun Rp 1.350 per/liter dari harga sebelumnya Rp 14.600 per/liter.

Pengurangan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menyediakan BBM yang lebih terjangkau bagi masyarakat.

Menurut Vice President Retail Marketing Pertamina, Mas'ud Khamid, keputusan perseroan menurunkan harga tersebut didasarkan pada kondisi pasar saat ini. Dia mengatakan, perseroan telah memantau harga minyak dunia dan terlihat penurunan dalam beberapa pekan terakhir.

BACA JUGA:Kebocoran Putusan MK Soal Sistem Pemilu, Polri Periksa 2 Saksi

“Kami ingin menularkan manfaat ini kepada pelanggan kami, terutama pada musim perayaan,” tambah Khamid.

Kabar tersebut disambut baik oleh banyak masyarakat Indonesia yang sudah terbebani oleh kenaikan harga barang dan jasa akibat pandemi COVID-19.

Beberapa netizen mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan mengatakan bahwa penurunan harga akan meringankan beban keuangan mereka.

Namun, beberapa ahli memperingatkan bahwa penurunan harga mungkin tidak akan berkelanjutan dalam jangka panjang.

“Kita harus ingat bahwa harga minyak sangat fluktuatif dan dapat berubah dengan cepat. Sangat penting untuk memiliki strategi jangka panjang untuk menjaga keterjangkauan harga BBM,” Ujar Ahmad Syarifuddin, Analis Energi.

BACA JUGA:Lagu Nostagia, 5 Lagu Anak-Anak Dapat Menghibur dan Mendidik

Meski demikian, keputusan Pertamina untuk menurunkan harga merupakan hal yang melegakan bagi banyak masyarakat Indonesia, dan diharapkan pemerintah dan perusahaan terus bersinergi untuk menyediakan BBM yang terjangkau bagi masyarakat.

Sumber: