Tengkuluk Sebagai Tren Fashion Wanita Jambi

Tengkuluk Sebagai Tren Fashion Wanita Jambi

Tengkuluk [email protected]

BACA JUGA:Mulai Hari Ini! Kartu Prakerja Gelombang Baru Dibuka, Berikut Cara Pendaftarannya

4. Tengkuluk Kulauk

Tengkuluk Kulauk berasal dari kerinci. Kulauk merupakan mahkota penganten wanita msayarakat melayu kerinci yang melambangkan kehormatan pada pemimpin masyarakat, hal ini dikenal dengan kalimat berjalan didahulukan selangkah dan berbicara didahulukan sekata.

5. Tekuluk Daun Kopi

Masih dari daerah kerinci, Tekuluk Daun Kopi digunakan oleh seorang perempuan yang menari diacara adat atau keduri sko (acara adat yang biasanya diselenggarakan lima tahun sekali) di sekitar Danau kabupaten Kerinci.

Tengkuluk ini sering digunakan oleh perempuan yang tinggal di sekitar kebun kopi, hal inilah mengapa tengkuluk ini dinamakan Tengkuluk Daun Kopi.

BACA JUGA:Ketahui Manfaat dan Resiko Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Tengkuluk Daun Kopi memiliki arti untuk melindungi dan menjaga aturan – aturan adat yang berlaku di tengah – tengah kehidupan masyarakat di kabupaten kerinci.

Selain dari lima yang disebutkan masih banyak jenis dan beragam arti dari Tengkuluk. Di tengah gempuran fashion item yang mulai meniadakan nilai kekhasan kebudayaan. Tengkuluk sendiri menjadi tren sebagai fashion item yang menonjol, hal ini melestarikan nilai budaya juga menjaga fashion budaya itu sendiri di generasi sekarang.

Sumber: