Tengkuluk Sebagai Tren Fashion Wanita Jambi

Tengkuluk Sebagai Tren Fashion Wanita Jambi

Tengkuluk [email protected]

JEKTVNEWS.COM - Siapa yang tidak tau Tengkuluk? Tentu nama penutup kepala tradisonal wanita khas Jambi ini tidak lagi asing oleh masyarakat karena mudah dikenali atau ditemukan, sebab selain digunakan saat acara budaya atauapun adat, Tengkuluk masih sering digunakan di acara–acara pemerintahan formal ataupun institusi pendidikan.

Hal ini menjadikan Tengkuluk simbol tersendiri bagi wanita Jambi. Tengkuluk juga memiliki makna yang filosofis dengan berbagai macam simpul dan bentuk, secara garis besar, Tengkuluk menggambarkan atau memiliki makna kebijaksanaan dan kesahajaan seorang wanita Jambi.

BACA JUGA:Syukur Menambah Nikmat, Begini Menurut Ustadz Adi Hidayat

Berikut Lima bentuk Tengkuluk dan artinya:

1. Tengkuluk Simpul Cempaka

Tengkuluk Simpul Cempalaka di peruntukkan bagi wanita yang belum menikah di daerah merangin dan Sarolangun. Namun, sekarang bagi wanita yang sudah menikah pun tidak dilarang untuk menggunakan Simpul Cempaka ini.

Sebab untaian kain yang menjuntai akan menjadi pembeda. Tengkuluk yang kainnya menjuntai ke kiri menadankan wanita tersebut belum menikah dan tengkuluk yang kainnya menjuntai ke kanan artinya wanita tersebut sudah menikah.

BACA JUGA:Transformasi KUR Pesat, UMKM Optimis Majukan Ekonomi Nasional

2. Tengkuluk Daun Sirih Muaro Jambi

Tengkuluk Daun Sirih Muaro Jambi ini merupakan tengkuluk yang seringkali digunakan dan sangat mudah ditemui setiap harinya. Tengkuluk ini sering digunakan dalam kegiatan sehari–hari dirumah, bertamu maupun ke pasar.

Arti Tengkuluk Daun Sirih Muaro Jambi ini melambangkan wanita Jambi yang berbudi baik, dan bertutur kata Santun. Hal ini juga mencerminkan kesaharian wanita yang jambi yang dalam kehidupan sehari – harinya khas dengan bahasa melayu yang lembut dan pelan.

3. Tengkuluk Tudung

Tengkuluk kali ini berasal dari daerah Kungkai, Kabupaten Merangin. Tengkuluk ini biasanya diperuntukkan untuk dipakai oleh istri pemuka ada dalam upacara adat.

Arti Tengkuluk ini menggambarkan wanita yang harus memilik empat sifat, yaitu: Menahan perasaan, bijaksan dalam segala hal, terampil dalam mengurus rumah tangga dan dapat berhemat serta mampu memelihara benda pusaka.

Sumber: