Bumi Gelap Gulita, Pertanda Munculnya Ad-Dukhan di Hari Kiamat, Cek Hadits dan Jawabannya

Bumi Gelap Gulita, Pertanda Munculnya Ad-Dukhan di Hari Kiamat, Cek Hadits dan Jawabannya

Kemunculan Ad-Dukhan Pertanda Hari Kiamat Menurut Al-Qur’an-Muslim.or.id-

JEKTVNEWS.COM - Dalam Al-Qur’an telah diingatkan kepada manusia tentang dahsyatnya hari Kiamat besar. Salah satu tandanya ialah kemunculan asap tebal yang akan menyelimuti bumi yang disebut Ad-Dukhan.

Bumi akan gelap selama 40 hari 40 malam. Dukhan akan terjadi pada fase kediktatoran merajalelas, yaitu  fase ke-4 umat Islam. Allah berfirman dalam Al-Qur’an

“Maka tunggulah hari ketika langit membawa Dukhan (kabut) yang nyata yang meliputi manusia, inilah azab yang pedih” (Q.S Ad-Dukhan ayat 10-11)

BACA JUGA:Buruan Daftar! PT Trakindo Utama Membuka Lowongan Kerja, Fresh Graduate Merapat

Ad-Dukhan mempunyai rupa seperti asap yang apabila terkena orang Muslim, maka terasa seperti pilek dan jika terkena orang kafir maka akan keluar cairan dari telinga mereka dengan rasa sakit luar biasa.

Dari  Abu Malik Al-Asy’ari, Nabi bersabda:

“Sesungguhnya Rabb kalian memperingatkan kaliah dari 3 hal: asap yang jika mengenai orang Muslim maka mereka merasakan seperti pilek, sedangkan jika mengenai orang kafir mereka akan sesak nafas dan keluar cairan dari kuping mereka, kemudian yang kedua munculnya Dabbah dan yang ketiga munculnya Dajjal” (HR. At-Thabrani, disahkan oleh Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya, 7/335)

BACA JUGA:Menarik! Konsep Drama Korea dalam Mempromosikan Kesehatan Mental Tahun 2023

Dalam tafsir Al-Qur’an Hidayatul Insan, disebutkan bahwa para mussafir berbeda pendapat tentang arti Dukhan:

1. Dukhan berarti asap/kabut

Asap yang meliputi manusia ketika neraka mendekat kepada orang-orang yang berdosa pada hari Kiamat. Di hari Kiamat kelak, Allah SWT mengancam mereka dengan azab. 

2. Dukhan yaitu bencana kelaparan

Diartikan sebagai bencana kelaparan yang menimpa kaum Quraisy akibat tidak mau beriman, menentang dan sombong akan kebeneran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Hal inilah yang mendorong Baginda Nabi Muhammad SAW berdoa agar Allah menimpakan bencana kepada mereka. Do’a beliau terkabul, bencana kelaparan pun menimpa kaum Quraisy.

3. Dukhan adalah tanda kiamat

Sumber: