Cek Fakta, 15 Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh

Cek Fakta, 15 Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Tin-Bolacom-

JEKTVNEWS.COM - Buah tin merupakan salah satu nama buah yang terdapat dalam Al Quran atau biasa disebut dengan buah surgaBuah tin atau buah ara memiliki rasa manis yang unik, kenyal dan bertekstur lemut.

Buah tin memiliki ciri fisik yang menyerupai tetesan air mata. Buah tin tumbuh subur di dataran Mediterania dan Timur Tengah.

BACA JUGA:Kebiasaan Hidup Sehat, Seohyun SNSD 2 Tahun Skip Makanan Penutup

Dilansir dari halodoc, Sebelum adanya gula, buah tin lebih dulu digunakan sebagai pemanis buatan. Di dalamnya terkandung energi, protein, karbohidrat, folat, dan niacin yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Buah ini bisa dimakan langsung atau mengolahnya menjadi teh.

Berikut ini beberapa manfaat Buah tin Bagi Kesehatan Tubuh :

1. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Manfaat buah tin dapat menyehatkan usus. Kandungan serat dalam buah bertindak sebagai pencahar alami. Nutrisi itu bersifat prebiotik, menjadi sumber makanan bakteri usus baik (probiotik), dan mendukung lingkungan usus yang sehat.

Manfaat ini dibuktikan lewat penelitian berjudul Comparison and assessment of flixweed and fig effects on irritable bowel syndrome with predominant constipation: A single-blind yang dipublikasikan Randomized Controlled Trial.

Buah ara terbukti membantu mengatasi sindrom iritasi usus. Metodenya dilakukan pada 150 pasien yang terbagi menjadi 3 kelompok, dengan salah satunya mengonsumsi buah ara dalam waktu 4 bulan.

Sistem penilaiannya dilihat dari tingkat keparahan penyakit, kandungan protein C-reaktif, frekuensi dan tekstur tinja. Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi buah ara mengalami perbaikan gejala secara signifikan. Selain itu, mereka juga menunjukkan peningkatan kualitas hidup dan kelancaran buang air besar. 

2. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan komplikasi, seperti penyakit jantung dan stroke. Penyebabnya, yakni ketidakseimbangan kalium akibat mengonsumsi tinggi natrium. 

Selain itu, buah ara dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Hal ini tercatat dalam jurnal Evaluation of antihypertensive potential of Ficus carica fruit yang dipublikasikan dalam Pharmaceutical Biology Journal. Manfaat ini berasal dari kandungan ekstrak air metanol dalam buah.

Dengan kesehatan pembuluh darah yang baik, aliran darah dalam tubuh semakin lancar. Efeknya, akan terjadi penurunan tekanan darah keseluruhan, sehingga risiko penyakit kardiovaskular bisa dicegah.

Sumber: