Wow !! Tembus 70 milyar produksi film Buya Hamka

Wow !! Tembus 70 milyar produksi film Buya Hamka

Film Buya Hamka-hidayatullah-

JEKTVNEWS.COM - Siapa yang tak kenal Buya Hamka? Memiliki nama lengkap Abdul Malik Karim Amrullah atau biasa dikenal dengan Buya Hamka, lahir pada 17 Februari 1908 di Sungai Batang, Tanjung Raya, Agam, Sumatera Barat

Buya Hamka merupakan tokoh pergerakan nasional sekaligus sastrawan yang banyak melahirkan karya-karya terkenal, salah satunya buku Di Bawah Lindungan Ka’bah dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wick.

Tanggal 26 Juli 1975 secara resmi Buya Hamka diangkat menjadi ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama.

Oleh karena jasa-jasa serta pengaruh beliau yang besar, bersama Falcon Pictures dan Starvision, Fajar Bustomi tertarik untuk mengangkat kisah perjalanan hidup Buya Hamka ke layar lebar.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Sebut Jalan Tol di Jambi Selesai Tahun 2024

Film Buya Hamka resmi tayang perdana pada Rabu, 19 Mei 2023 di seluruh bioskop Indonesia. Film berdurasi sepanjang 7 jam ini dibagi menjadi 3 volume.

Volume pertama menceritakan Buya Hamka yang menyebarkan dakwah islamiah ke beberapa daerah seperti Makassar dan Sumatera Timur. 

Di sana Buya Hamka menulis beberapa sastra roman yang kemudian terkenal dikalangan masyarakat dengan judul Tenggelamnya Kapal Van Der Wick. Kabar tentang karyanya itu pun sampai ke pendengaran Bung Karno.

BACA JUGA:Tinjau Jalan Rusak di Sungai Gelam, Presiden Jokowi : Kita Perbaikin di Bulan Juli dan Agustus

Bung Karno lantas mengundang Buya Hamka ke Bengkulu untuk bertemu di rumah Tan Beng Kie, seorang mualaf keturunan Tionghoa. Beberapa tahun selanjutnya, muncul kabar tentang kedatangan Jepang.

Jepang berhasil menguasai Indonesia dan memperalat Buya Hamka untuk menarik simpatisan umat muslim agar tunduk kepada Jepang.

Propaganda demikian membuat Buya Hamka dipaksa mundur dari jabatannya sebagai ketua Muhammadiyyah Sumatera Timur. Masyarakat menilai Buya Hamka sebagai kaki tangan Jepang. Volume satu berakhir ketika Indonesia merdeka hingga pada kedatangan sekutu.

BACA JUGA:Pemerintah Kota Jambi Tunda Selama 6 Bulan Kenaikan Tarif PDAM Tirta Mayang

Film Buya Hamka dibintangi oleh sederet aktor dan aktris terkenal, diantaranya: Vino G. Bastian (Buya Hamka), Laudya Chintya Bella (Siti Raham), Anjasmara (Soekarno), Reza Rahadian (HOS, Tjokroaminoto), Mawar Eva de Jongh (Kulsum), Pritt Timothy (H. Agus Salim), Ajil Ditto (Fahri), Ayu Laksmi (Andung), dan masih banyak lagi. Sejumlah artis ternama tersebut, membuat film Buya Hamka mengeluarkan biaya produksi senilai 70 Milyar.

Sumber: