Percepat Pertumbuhan Industri Dalam Negeri Lewat Temu Bisnis P3DN Tahap VIII

Percepat Pertumbuhan Industri Dalam Negeri Lewat Temu Bisnis P3DN Tahap VIII

Percepat Pertumbuhan Industri Dalam Negeri Lewat Temu Bisnis P3DN Tahap VIII-ist-

JEKTVNEWS.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Pertanian menggelar Temu Bisnis Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Tahap VIII di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menyatakan Temu Bisnis P3DN ini menjadi platform strategis dalam mempercepat pertumbuhan industri dalam negeri melalui peningkatan penggunaan produk lokal.

“Melalui sinergi ini, produk lokal dapat tumbuh lebih cepat, baik dari sisi kualitas maupun daya saing. Ini adalah langkah konkret untuk menciptakan ekosistem industri yang berkelanjutan di tengah era digital,” ujarnya dalam Temu Bisnis P3DN Tahap VIIIdi ICE BSD Tangerang, Banten, Selasa (17/9/2024).

BACA JUGA:Gubernur Al Haris Terima Penghargaan Paritrana Award 2024

Menteri Budi Arie menyatakan Temu Bisnis P3DN akan dapat meningkatkan belanja produk lokal serta mendorong industrialisasi dan digitalisasi ekonomi Indonesia.

"Dengan tema Membangun Ekosistem Ekonomi Digital untuk Produk Lokal, acara ini bertujuan meningkatkan daya saing produk lokal melalui pemanfaatan teknologi digital, sehingga dapat bersaing di pasar global," ungkapnya.

Menkominfo menegaskan penguatan industri dalam negeri tidak hanya berdampak pada ekonomi domestik, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

"Melalui acara ini, kami berharap industri dalam negeri mampu berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 30%,” tandasnya.

Menteri Budi Arie menjelaskan temu bisnis berkaitan erat dengan salah satu misi Asta Cita Presiden Terpilih Prabowo Subianto, yaitu Melanjutkan Hilirisasi dan Industrialisasi untuk Meningkatkan Nilai Tambah di Dalam Negeri.

BACA JUGA:Menhan Prabowo Bertemu Perdana Menteri Vietnam, Perkuat Hubungan Bilateral

"Salah satu fokus yang hendak dicapai adalah mengembangkan hilirisasi untuk pusat pertumbuhan ekonomi baru melalui, (1) pendalaman potensi hilirisasi dan industrialisasi baru, (2) membangun infrastruktur berkeadilan, (3) pembangunan industri untuk mengurangi ketergantungan impor, (4) melanjutkan program hilirisasi dan industrialisasi di berbagai sektor, serta (5) mengembangkan program-program pembiayaan inovatif (innovative financing)," tuurnya.

Temu Bisnis P3DN ini merupakan wujud nyata komitmen bersama untuk mendorong perkembangan industri dalam negeri. Menurut Menkominfo, beberapa negara telah melakukan hal sama.  Seperti Thailand dengan Program Made in Thailand, Malaysia dengan Buy Malaysia, dan Vietnam dengan kampanye Vietnamese People Give Priority to Using Vietnamese Goods.

"Kebijakan-kebijakan tersebut menjadi inspirasi bagi Indonesia untuk terus memperkuat industri lokal melalui program P3DN," ujarnya.

BACA JUGA:Bupati Anwar Sadat Resmi Buka Liga Asosiasi Futsal Kabupaten Tanjab Barat 2024

Dalam acara itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Wamenkominfo Nezar Patria, Wamenkominfo Angga Raka Prabowo.

Tampak hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Menteri Pertanian  Sudaryono, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor, dan Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Putu Jayan Danu Putra.

Sumber: