Alih Fungsi Lahan Sawah, Bupati Sebut Fungsi Peran Penyuluh Pertanian Ditinggkatkan

Alih Fungsi Lahan Sawah, Bupati Sebut Fungsi Peran Penyuluh Pertanian Ditinggkatkan

Persawahan-AmaliaTsaqif-

TANJAB BARAT, JEKTVNEWS.COMLahan sawah di Kabupaten Tanjab Barat terus berkurang, sebab sebagian petani padi alih fungsi Lahan mereka ketanaman lainnya, seperti sawit maupun pinang, tak khayal ini menjadi perhatian khusus bagi para penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten Tanjab Barat, sebab penyuluh pertanian merupakan orang terdekat yang menampung keluh kesah petani, terkhusus petani padi yang ada di Kabupaten Tanjab Barat.

BACA JUGA:Pasca Idul Adha Harga Cabai Merah Berangsur Turun

Meski lahan sawah di Kabupaten Tanjab Barat setiap tahunnya terus berkurang, namun bukan berarti tidak terdapat lahan baru untuk hamparan sawah, sebab ditahun ini peran TNI AD memanfaatkan lahan tidur untuk kembali menggarap sawah, sangat di dukung pemerintah kabupaten terkhusus orang nomor satu di Kabupaten Tanjab Barat Anwar Sadat.

BACA JUGA:Pedagang Pasar Talang Banjar Keluhkan Terhadap PKL Liar Berdampak Sepi Pembeli Hingga Kemacetan Jalan

Menurut Anwar Sadat peran TNI AD untuk menjaga kedaulatan pangan sangat penting. Karena dengan banyak hamparan sawah di Kabupaten Tanjab Barat, sebagai upaya menjaga kedaulatan pangan rakyat, sebab beras merupakan kebutuhan dasar masyarakat untuk memasak, disini kelompok tani petani padi juga diminta lebih pro aktif, dalam arti kata selalu berperan bagaimana sawah mereka tetap berkembang, bukan malah mengalihfungsikan lahan mereka ketanaman lainnya. 

Selain itu pada tahun ini pula optimalisasi kepentingan bagi petani padi terus ditingkatkan pemerintah. Salah satu inu pula pemerintah kabupaten melalui instansi terkait tengah gEncar pemberian pupuk kepada para petani, terkhusus yang tergabung dalam kelompok tani.

BACA JUGA:Peluncuran Digital Layanan Event, Ketua DPRD Jambi: Semoga Bisa Memangkas Waktu Perizinan

Diketahui hingga saat ini untuk menjaga ketahanan pangan, di wilayah teritoral Kodim 0419/Tanjab, yang mencakup wilayah Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur. TNI terus melakukan pembinaan kepada petani dan berusaha terus melakukan cetak sawah baru. Dengan dukungan dan kerja sama bersama unsur pemerintah daerah, maupun para kelompok tani sesuai fungsi dan perannya masing-masing.

Sumber: