Gubernur Al Haris Targetkan Jambi Masuk 10 Besar di PON Aceh-Sumut

Gubernur Al Haris Targetkan Jambi Masuk 10 Besar di PON Aceh-Sumut

Gubernur Jambi Al Haris Resmikan Peluncuran Pelatda -Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - KONI Provinsi JAMBI meluncurkan program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) 21 tahun 2024 Aceh-Sumatera Utara, yang diikuti 218 atlet terbaik. Peluncuran Pelatda ini dibuka secara resmi oleh Gubernur JAMBI Al Haris, Selasa malam.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi meluncurkan program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) dalam rangka persiapan atlet menuju PON 21 Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara, berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa 7 Mei 2024 malam.

BACA JUGA:Pasangan Fadhil Bakhtiar Istiqomah Lanjutkan Pembangunan Tertunda

Pekan Olahraga Nasional merupakan ajang prestasi olahraga di tingkat nasional 4 tahunan, dimana seluruh provinsi khususnya Jambi akan berpartisipasi dalam mengikuti event tersebut.

Selain ajang pesta tingkat nasional, PON juga sebagai alat atau barometer untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembinaan prestasi olahraga di Provinsi Jambi.

Ketua Umum KONI Provinsi Jambi Budi Setiawan dalam kesempatan itu menyampaikan berkenaan penyelenggaraan PON 21 Aceh-Sumut yang akan dilaksanakan 8 hingga 22 september 2024, penetapan Kontingen Provinsi Jambi yang lolos PON ada 34 cabang olahraga dari 68 yang dipertandingkan.

BACA JUGA:Apresiasi Kinerja Kepala Desa, Pemerintah Batanghari Gelar Kegiatan Bupati Awards

Meski hanya 34 cabor yang lolos, Budi menyebut bahwa ini sangat luar biasa dibanding PON Papua kemarin, apalagi atlet PON papua dengan PON Aceh-Sumut ini juga dua kali lipat yang lolos sebanyak 218 atlet yang akan ikut bertanding.

Program Pelatda ini juga kata Budi dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan, skil, tehnik, daya tahan, fisik, stamina, mental spiritual dan pembentukan jiwa ksatria dalam semangat bertanding serta pembentukan karakter sikap dan perilaku.

“kita serahkan ke pelatih pelatih ini, akan membuat program kedepannya, bagaimana atlet ini bisa bersemangat dalam pertandingan nanti, ada 34 cabang olahraga dari 68 cabang di pertandingkan, tetapi kita provinsi Jambi hanya punya 45 cabang olahraga dan yang lolos 34 cabang olahraga dan itu sangat luar biasa,” ujarnya, Selasa (7/5).

BACA JUGA:Petani Padi Sebut Hama Tikus Menjadi Kendala Ketika Menanam Padi Disawah

Sementara itu Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, bahwa Provinsi Jambi tentu semakin hari semakin tertantang oleh peningkatan prestasi yang teruji dari peringkat 23 ke 17.

Untuk itu dirinya yakin dan percaya melihat atlet yang berlaga ini, 2 kali lipat kekuatannya dibandingkan pada PON Papua kemarin, Jambi bisa peringkat 10 besar di PON Aceh-Sumut nantinya. Al Haris berpesan jangan ada kendala apapun selama Pelatda berlangsung.

“Untuk kedepannya Jambi harus menyiapkan dengan baik atlet yang berkualitas yang siap berlaga di lapangan,” ujarnya.

Sumber: