PJ Wali Kota Jambi Cek Bawang Merah Yang di Datangkan dari Brebes

PJ Wali Kota Jambi Cek Bawang Merah Yang di Datangkan dari Brebes

PJ Bupati Kota Jambi meninjau bawang merah-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Sebanyak 2 ton bawang merah dari Kabupaten Brebes , Jawa Tengah telah tiba di KOTA JAMBI , PJ Wali KOTA JAMBI Sri Purwaningsih mengecek bawang tersebut di Koperasi Pegawai Negeri (KPN)-Koperasi Pegawai KOTA JAMBI (KPKJ) Kota Baru Minggu (05/05/2024).

Bawang merah yang didatangkan ini merupakan hasil kerjasama Pemkot Jambi dengan Pemkab Brebes. Datangnya bawang merah ini sebagai aksi nyata Pemkot Jambi untuk membantu warga di tengah tingginya harga salah satu komoditas pokok ini. Sekaligus, dalam rangka mengendalikan inflasi di Kota Jambi. 

BACA JUGA:Tuberkulosis Serang 100 Warga Batanghari

Ditemui usai mengecek bawah merah , Sri Purwaningsih menjelaskan pihaknya selalu mengamati pergerakan harga-harga bahan pokok di pasar-pasar tradisional di Kota Jambi. Untuk cabe , dalam beberapa pekan belakangan harganya fluktuatif sesuai harga pasar.

“Alhamdulillah Pemerintah Kota Jambi setelah mencermati pasar dalam beberapa minggu bahkan 1 bulan ini. Harga cabai itu fluktuatif naik turun kadang 2.000, 1.000, 3.000 naik turun. Ini sesuai dengan harga pasar. Untuk bawang merah itu dalam 1 bulan mungkin setelah lebaran sampai dengan hari ini secara nasional juga sama harganya stagnan, untuk Kota Jambi ini di harga 45-50 bahkan hari ini di harga 60. Menyikapi pencatatan pasar di Kota Jambi dua pasar di Angso Duo dan Talang Banjar maka saya minta untuk TPID Kota Jambi yang diketuai oleh Pak Sekda ini,” ucapnya, Minggu (5/5).

BACA JUGA:335 Calon PPK Akan Ikuti Tahapan Seleksi Tertulis

“Kita lakukan tindakan nyata untuk melakukan intervensi ke pasar dalam kaitannya dengan masalah bawang ini maka Pak Seda beserta jajaran kemarin itu mewujudkan kerja sama dengan champion bawang merah yang ada di Brebes kami sudah kerja sama dengan Bupati Brebes dan kemarin belanja bawang merah dari Brebas 2 ton kita bawa ke Kota Jambi karena memang kebutuhan pasar untuk Kota Jambi ini berkisar antara 1 sampai 100 ton, jadi kita bawa 2 ton dan sampai di Kota Jambi ini. Saya minta dibantu dengan BTT kami ada belanja tak terduga untuk menurunkan harga yang sudah dibelanjakan oleh TPID dari kota Jambi ini,” tambahnya.

Selain itu , untuk kebutuhan konsumsi bawang merah di Kota Jambi yakni sebanyak 1 sampai 1,5 ton per hari. Sehingga, kedatangan 2 ton bawang merah ini setidaknya mampu membantu warga dan menjaga inflasi Kota Jambi.

BACA JUGA:PJ Bupati Bachyuni Hadiri Acara Launching Inovatif Pelayanan Disdukcapil Muaro Jambi

Pembelian komoditas ini juga didukung penuh oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi yang membantu pembiayaan distribusi dan pengangkutan dari penghasil hingga ke Kota Jambi.

Sumber: