Tuberkulosis Serang 100 Warga Batanghari

Tuberkulosis Serang 100 Warga Batanghari

Penyakit Tuberkulosis atau TBC-YST-

BATANGHARI, JEKTVNEWS.COM - Terhitung sejak Januari hingga April 2024, Dinas Kesehatan Kabupaten BATANGHARI mendata, sedikitnya terdapat 100 mengidap penyakit Tuberkulosis atau TBC. Melihat kondisi tersebut, pemerintah terus berupaya menekan peningkatan angka kasus, sebab penyakit TBC termasuk dalam kategori penyakit menular.

BACA JUGA:Maraknya Perilaku Kriminal yang Dilakukan Anak Dibawah Umur, Pihak Kepolisian Beri Himbauan untuk Orang Tua

Kasus Tuberkulosis atau TBC saat ini masih menjadi titik fokus perhatian Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari dalam mempercepat penekanan angka kasus. Dari hasil pendataan dan pemeriksaan yang dilakukan Dinas Kesehatan Batanghari. Hingga April angka kasus TBC terdeteksi sebanyak 100 orang yang terserang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Wendrawati mengatakan, ratusan kasus TBC baru ini diambil dari data laporan yang ada di 18 pusat pelayanan kesehatan yang tersebar di delapan kecamatan. Kasus TBC ini terbilang penyakit dengan kategori menular. Sedangkan data Tuberkulosis sebelumnya di tahun 2023 lalu ada sebanyak 541 orang penderita.

BACA JUGA:PJ Bupati Bachyuni Hadiri Acara Launching Inovatif Pelayanan Disdukcapil Muaro Jambi

Untuk penderita Tuberkulosis, paling banyak diderita oleh pasien lanjut usia. Dengan begitu pihaknya akan berupaya terus menekan angka peningkatan kasus tersebut. Droping obat juga dikirim Pemerintah Provinsi Jambi untuk penekanan. Maka dari itu, dirinya menghimbau agar masyarakat yang terpapar untuk rajin meminum obat yang diberikan hingga sembuh, sebab penyakit ini juga dapat rentan menular terutama bagi anak-anak.

 

Sumber: