Bankesbangpol Jambi Seleksi Calon Paskibraka Tahun 2024

Bankesbangpol Jambi Seleksi Calon Paskibraka Tahun 2024

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka-YST-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Penyelenggaraan seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi dan Nasional tahun 2024 resmi dibuka yang diikuti oleh 98 orang pelajar SMA, SMK, MAN dari Kabupaten Kota se-Provinsi JAMBI.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Provinsi Jambi menyelenggarakan seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024, di Hotel Shang Ratu Kota Jambi, pada Minggu (05/05/2024) malam.

BACA JUGA:Maraknya Perilaku Kriminal yang Dilakukan Anak Dibawah Umur, Pihak Kepolisian Beri Himbauan untuk Orang Tua

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman, yang diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jambi, Arif Munandar, ditandai dengan pemasangan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan putra dan putri calon Paskibraka.

Mewakili Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, Kepala Bidang Pengembangan Nilai-Nilai Kebangsaan, Amidy menyampaikan bahwa, diselenggarakannya kegiatan ini dalam rangka memilih calon Paskibraka tingkat Provinsi Jambi dan Nasional tahun 2024 dengan tujuan, untuk mendapatkan calon Paskibraka yang sehat jasmani dan rohani, berkemampuan, berkepribadian baik dan berakhlak mulia yang berkarakter Pancasila.

Adapun calon Paskibraka yang mengikuti kegiatan seleksi ini adalah siswa-siswi SMA, SMK, Madrasah Aliyah Negeri kelas 10 dari kabupaten kota se-Provinsi Jambi dengan jumlah peserta sebanyak 98 orang. Seluruh peserta yang mengikuti proses seleksi calon Paskibraka ini memiliki kesempatan dan perlakuan yang sama.

BACA JUGA:PJ Bupati Bachyuni Hadiri Acara Launching Inovatif Pelayanan Disdukcapil Muaro Jambi

“Dengan jumlah peserta sebanyak 98 orang peserta dengan perincian sebagai berikut; Kota Jambi terdiri dari 16 orang, 8 putra 8 Putri. Kabupaten Batang Hari 8 orang, terdiri dari 4 putra 4 putri. Kabupaten Muaro Jambi terdiri dari 12 orang, 6 putra 6 putri. Kabupaten Sarolangun terdiri dari 8 orang, terdiri dari 4 putra dan 4 putri. Kabupaten Merangin 8 orang, 4 putra dan 4 putri. Kabupaten Bungo 8 orang, terdiri dari 4 putra dan 4 putri. Kabupaten Tebo 8 orang, 4 putra dan 4 putri. Kabupaten Kerinci 6 orang, 3 putra dan 3 putri. Kabupaten Tanjung Jabung Timur 8 orang, terdiri dari 4 putra 4 putri. Kabupaten Tanjung Jabung Barat 10 orang, 5 putra dan 5 putri. Kota Sungai Penuh 6 orang, 3 putra dan 3 putri. Seluruh siswa yang mengikuti seleksi calon Paskibraka ini memiliki kesempatan dan perlakuan yang sama. Jadi kami pastikan akan memberikan kesempatan, peluang dan perlakuan yang sama. Jadi tidak ada yang dibeda-bedakan,” ujar Amidy, Minggu (5/5).

Selanjutnya, asisten 1 Setda Provinsi Jambi Arif Munandar dalam kesempatan itu mengapresiasi penyelenggaraan program seleksi calon Paskibraka tahun 2024, yang nantinya akan mengemban tugas berat dan mulia pada upacara Pengibaran dan Penurunan Duplikat Bendera Pusaka dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Dirinya yakin dan percaya, 98 orang siswa-siswi terbaik dari kabupaten kota ini memiliki sikap bertanggung jawab, disiplin, dan berkepribadian baik serta memiliki kriteria untuk memenuhi persyaratan pada seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi Jambi dan Nasional tahun 2024 ini.

BACA JUGA:Tuberkulosis Serang 100 Warga Batanghari

“Ya jadi tadikan udah disampaikan bahwa kegiatan ini bukan ceremonial saja karena ini rutinitas setiap tahun untuk kita adakan. Jadi harapan kita, baik itu peserta seleksi maupun panitia seleksi betul-betul bekerja sesuai dengan koridor ataupun bekerja sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku sehingga mendapatkan seleksi calon-calon Paskibraka, baik itu tingkat provinsi maupun tingkat nasional yang berkualitas,” ujarArif Munandar.

Seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi dan Nasional ini berlangsung hingga 9 Mei 2024, yang dilaksanakan oleh tim seleksi dari dinas dan instansi terkait yaitu, Korem Gapu 042 Jambi, Polda Jambi, Bankesbangpol, RSUD Raden Mattaher, Dinas Pendidikan, Dispora, Satpol PP dan Damkar, Inspektorat, Biro Adpim, Rumah Sakit Jiwa, DPPI dan PPI Provinsi Jambi.

Sedangkan materi seleksi terdiri dari, seleksi tes wawasan kebangsaan, seleksi tes intelejensi umum, kesehatan, PBB, Samapta (Fisik dan Jasmani), psikotes dan wawancara. Dengan proses penilaian melalui aplikasi yang diterbitkan oleh B-P-I-P menggunakan sistem gugur dan peringkat.

Sumber: