Maraknya Perilaku Kriminal yang Dilakukan Anak Dibawah Umur, Pihak Kepolisian Beri Himbauan untuk Orang Tua

Maraknya Perilaku Kriminal yang Dilakukan Anak Dibawah Umur, Pihak Kepolisian Beri Himbauan untuk Orang Tua

Akp S. Harefa -Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Maraknya perbuatan kriminal akhir-akhir ini yang dilakukan oleh remaja membuat kepolisian bekerja dengan ekstra dan hati-hati, karena polisi harus melakukan pendekatan emosional khusus baik kepada korban maupun tersangka yang notabennya merupakan anak dibawah umur. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, pihak kepolisian menghimbau kepada orang tua agar melakukan beberapa hal.

BACA JUGA:PJ Bupati Bachyuni Hadiri Acara Launching Inovatif Pelayanan Disdukcapil Muaro Jambi

Dikatakan oleh Akp S. Harefa selaku Kapolsek Telanaipura, peran orang tua dalam mencegah terjadinya kenakalan remaja yang mengarah kepada tindak pidana kriminal sangatlah penting.

Lanjutnya, orang tua mesti memberikan perhatian khusus kepada anak dengan selalu menanyakan kabar dan apa aktivitas yang akan dilakukan, karena dengan begitu sang anak merasa diperhatikan dan disayangi oleh orang tuanya.

BACA JUGA:Cabai Merah Naik, Bawang Bertahan Rp 60.000/Kg

Polisi berpangkat Ajun Komisaris Polisi itu meneruskan, ia yang notabennya juga merupakan orang tua menghimbau kepada para orang tua di Jambi, khususnya di wilayah hukum Kecamatan Telanaipura. 

Untuk membuat semacam nilai-nilai rumah tangga yang wajib diikuti oleh anak, seperti memberikan sanksi edukatif kepada anak jika melakukan kesalahan, tidak memberinya akses motor untuk beberapa waktu, maupun mengurangi uang jajan anak tersebut hingga bisa memberbaiki perilakunya.

Harefa juga menyoroti maraknya remaja yang diberikan kebebasan berkendara, sehingga hal ini berpotensi menyebabkan kecelakaan yang dapat menciderai bahkan menyebabkan kematian bagi anak tersebut.

 

Sumber: