Sidang Isbat Kemenag Hari Ini, Penetapan Awal Puasa Ramadan 1445 Hijriah

 Sidang Isbat Kemenag Hari Ini, Penetapan Awal Puasa Ramadan 1445 Hijriah

Sidang Isbat Kemenag Hari Ini, Penetapan Awal Puasa Ramadan 1445 Hijriah--

JEKTVNEWS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) Indonesia akan menggelar Sidang Isbat pada hari ini, Minggu (10/3), untuk menentukan awal puasa atau 1 Ramadan 1445 Hijriah. Sidang ini diselenggarakan sebagai layanan keagamaan bagi masyarakat guna memberikan kepastian mengenai pelaksanaan ibadah. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin menjelaskan bahwa sidang ini akan dihadiri oleh para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam. Sidang Isbat ini akan terdiri dari tiga tahap.

BACA JUGA: Bapanas Naikkan Sementara Harga Eceran Tertinggi Beras Premium, Mulai 10-23 Maret 2024

Pertama, sesi terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di Channel YouTube Bimas Islam. Kedua, Sidang Isbat penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah yang digelar tertutup setelah salat Magrib. Sidang ini merujuk pada data hisab dan rukyatulhilal yang dilakukan Tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh Indonesia. Ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat yang juga akan disiarkan melalui media sosial Kemenag. Beberapa pihak, termasuk peneliti Ahli Utama Pusat Riset Antariksa dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, telah memprediksi bahwa posisi hilal tidak akan terlihat pada tanggal 10 Maret. Sejauh ini, belum ada rukyat yang berhasil melihat posisi hilal pada tanggal tersebut. Oleh karena itu, kemungkinan besar awal puasa Ramadan 2024 akan jatuh pada 12 Maret 2024.

BACA JUGA: Analisis Jadwal Awal Puasa di Indonesia, Simak Kapan 1 Ramadhan 1455 H

BMKG juga telah memberikan prediksi ketinggian hilal saat Matahari terbenam pada 10 dan 11 Maret di berbagai wilayah Indonesia, membuka kemungkinan perbedaan penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah. Sementara itu, Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1445 H pada Senin, 11 Maret 2024, berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid. Sidang Isbat ini diharapkan memberikan kejelasan kepada masyarakat terkait awal puasa Ramadan, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam menjalankan ibadah di bulan suci ini.

 

Sumber: