Sukses Laksanakan Lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup Tahun 2023 di Kabupaten Bungo

Sukses Laksanakan Lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup Tahun 2023 di Kabupaten Bungo

Lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup Tahun 2023, Gubernur Jambi Al Haris Serahkan Secara Langsung Hadiahnya -Ist -

Tahun 2023 ini dilanjutkan kembali pelaksanaannya dengan peserta 

Masing-masing 2 desa/kelurahan dari setiap kabupaten/kota. Pelaksanaannya melibatkan perusahaan-perusahaan yang berada di sekitar sungai Batanghari untuk berpartisipasi melakukan pembinaan terhadap desa/kelurahan di sekitarnya. 

“Ada 3 desa yang dibina dengan dukungan dana dari perusahaan swasta di Provinsi Jambi sebagai wujud kepedulian pihak swasta terhadap Program Gubernur Batanghari Bersih ini. 

Dengan demikian terdapat peningkatan jumlah desa/kelurahan yang dibina dari 22 desa/kelurahan pada tahun 2022 menjadi 25 desa/kelurahan pada tahun 2023,” beber Varial.

BACA JUGA:Terhitung Sejak Kemarin IHSG Kian Mendekati Level 7.200, Sektor Energi Pimpin Kenaikan

Menurutnya, selain melibatkan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten/kota dan pihak perusahaan, pelaksanaan kegiatan Kampung Mantap juga melibatkan akademisi, praktisi bank sampah, UPT Kementerian (dalam hal ini BPDAS dalam penyediaan bibit tanaman untuk ditanam di pinggir sungai), dan pemerintah desa/kelurahan.

“Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga Sungai Batanghari dan pengelolaan sampah yang baik dengan konsep 3R serta mendorong tumbuhnya bank sampah dan TPS3R lebih banyak dan berkesinambungan sebagai ujung tombak pengelolaan sampah," ucapnya.

"Melalui kegiatan Kampung Mantap Lingkungan Hidup ini juga diharapkan semakin banyak desa/kelurahan yang mampu mengelola sampahnya sendiri dan menjadikan sampah sebagai sumber ekonomi baru, tidak lagi menjadi sumber pencemar sungai,”lanjutnya.

Kemudian, Varial menyampaikan terima kasih kepada pihak perusahaan yang telah menyumbangkan 25 tong sampah untuk kegiatan bank sampah Kampung Mantap Lingkungan Hidup tahun ini.

BACA JUGA:Semakin Tangguh, New Honda ADV160 dengan Warna Baru Telah Hadir di Jambi

Ditambahkan Kabid PPKL Dinas Lingkungan Provinsi Jambi, Dr. Asnelly Ridha Daulay, selain melaksanakan Kampung Mantap Lingkungan Hidup, DLH Provinsi Jambi, pada tahun 2023 ini juga dilaksanakan Lomba Foto Batanghari Bersih dengan tema 

”Peduli Sungai Batanghari” dengan tujuan untuk membangkitkan kepedulian generasi muda terhadap kelestarian Sungai Batanghari. Lomba ini diikuti oleh 39 peserta dan terpilih 10 foto terbaik sebagaimana yang dipamerkan di stand pameran,” jelas Doktor Ilmu Lingkungan IPB Bogor itu.

Sementara itu, Bupati Bungo, Mashuri, SE menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Jambi yang telah mempercayai Kabupaten Bungo sebagai tuan rumah Penganugrahan Kampung Mantap Lingkungan Hidup Provinsi Jambi. 

BACA JUGA:Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Apresiasi Dedikasi Elan Suherlan Selama di Jambi

"Kepercayaan ini memberikan motivasi bagi kami bagaimana memelihara lingkungan," tegas Mashuri.

Sumber: